Perkembangan Batik Demak

0 175

Perkembangan Batik Demak

Batik Demak terkenal dengan bentuknya yang lembut dan juga kalem, selain itu batik Demak memiliki pola detail motif batik yang indah dan pola padat sehingga cukup rumit dalam proses pembuatannya. Kain yang dipakai pada umumnya merupakan kain panjang pagi sore yang merupakan ciri dari kain batik di masa lalu yang bahan dasar kain mori cukup terbatas. Batik yang berasal dari Demak jika diperhatikan akan terlihat cukup mirip dengan batik Djawa Baroe. Batik dengan jenis ini adalah motif batik yang merupakan penerus dari Batik Jawa Hokokai yang berhenti dibuat setelah Jepang pergi dari Indonesia.

Batik Djawa Baroe inilah yang merupakan batik yang melanjutkan jenis batik tersebut namun dibuat dengan lebih sederhana dan tidak padat dan tidak mewah seperti batik Djawa Hokokai. Sekitar tahun 1970 batik Demak ini sempat hilang karena persaingan yang ketat dan juga kemunculan batik cap yang harga nya lebih murah. Selain itu sebenarnya di daerah Demak pada masa itu seni batik tidak lagi menarik minat masyarakat sehingga penerus yang membuat motif batik khas Demak sangat sedikit sehingga hampir disebut sebagai mati suri. Daerah Demak pada masa itu pembatik ahli juga semakin berkurang dengan bertambahnya usia para seniman batik yang ada.

Batik Demak secara perlahan menghilang dan tidak dapat bersaing lagi dengan batik dari wilayah Pekalongan, Lasem dan beberapa daerah lain yang terus membuat batik khas mereka. Batik khas Demak ini kembali dikembangkan lagi pada sekitar tahun 2006. Motif batik yang dibuat pada masa tersebut merupakan motif batik yang menggunakan paduan antara motif batik pesisir dengan motif batik wilayah pertanian. Selain itu dalam batik Demak yang dikembangkan juga terdapat unsur corak Majapahit dan juga unsur agama Islam dalam motif batik yang mereka buat. Para seniman batik di daerah ini memiliki tujuan untuk membuat batik Demak kembali dikenal oleh para kolektor dan pecinta batik dengan ragam corak dan juga motif batik yang khas dari wilayah Demak ini.

Source Perkembangan Batik Demak Batik
Comments
Loading...