Perkembangan Batik Dalam Kerajaan

0 163

Perkembangan Batik Dalam Kerajaan

Kekayaan alam dan juga potensi alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan suatu hal yang menjadikan bangsa ini menjadi lebih hebat dan juga penuh dengan perbedaan yang menjadi satu kebudayaan yang besar. Dalam sejarah budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, batik dalam ilmu sejarah telah diketahui sebagai warisan paling tua yang dimiliki oleh kebudayaan bangsa Indonesia.

Selain sebagai budaya yang paling tua, batik juga budaya yang memiliki sejarah yang sangat panjang dan memiliki cerita yang menarik untuk kita ikuti dan cermat. Perkembangan yang dimiliki oleh batik ini sangat berkaitan dengan Kerajaan Majapahit dan juga berbagai kerajaan yang ada setelahnya. Perkembangan kerajaan ini lah yang membuat batik menjadi sebuah kebudayaan yang sangat besar dan dicintai oleh bangsa Indonesia. Batik dapat juga disebut sebagai sebuah kesenian yang dalam bentuk gambar yang diletakkan di permukaan kain dan telah menjadi busana dan juga pakaian resmi yang dimiliki oleh para raja dan para kerabat kerajaan yang ada di pulau Jawa pada zaman dahulu hingga saat ini.

Batik yang kenal saat ini sebagai pakaian yang boleh dipakai oleh berbagai kalangan pada awal mulanya merupakan busana yang dibuat secara terbatas dan tidak boleh dipakai oleh masyarakat umum. Batik sejak zaman dahulu adalah pakaian yang dibuat di dalam keraton untuk raja dan juga keluarganya sehingga masyarakat umum tidak boleh memakainya. Namun seiring dengan daya tarik yang dimiliki oleh batik, maka masyarakat sekitar keraton mulai ikut membuat motif batik mereka sendiri sehingga mereka dapat memiliki baju batik milik mereka sendiri dengan motif yang tidak dilarang oleh pihak keraton.

Source https://batikhushblog.wordpress.com/tag/batik/page/4/ https://batikhushblog.wordpress.com/2014/12/16/perkembangan-baju-batik-dalam-kerajaan/ http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...