Perkembangan Batik Cual Masa Kini

0 235

Perkembangan Batik Cual Masa Kini

Pada zaman dulu Kain Cual dipakai untuk acara adat sebagai pakaian kebesaran dan kebanggaan di lingkungan bangsawan Muntok. Seiring dengan berjalannya waktu kini kain ini pun mulai menyebar ke kalangan rakyat biasa.

Sejak Provinsi Bangka Belitung sudah berdiri sendiri, masyarakat dan pemerintah daerahnya berusaha terus mengembangkan Kain Cual sebagai salah satu kekayaan budaya khas daerah. Dengan sistem tenun manual dan proses pembuatan yang memakan waktu lama, harga Kain Cual menjadi sangat mahal. Hal ini tentu sangat menghambat usaha untuk memasyarakatkan Batik Cual.

Karena itu, selain tetap memproduksi Tenun Cual secara tradisional, dikembangkan pula pola produksi Batik Cual secara masal dengan pabrik. Motif pada Kain Cual tidak hanya diproduksi dengan cara ditenun, namun juga menggunakan cara pembatikan. Baik itu batik tulis, cap, printing maupun kombinasi dari beberapa metode membatik.

Bahannya pun tidak melulu sutra yang mahal. Bisa juga menggunakan bahan lain, seperti: polyester, katun atau serat kayu. Selain menggunakan benang yang dicelup emas asli 18 karat, juga digunakan benang emas sintetis sebagai pelengkapnya untuk menekan harga produksi agar lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Muncullah produk tekstil khas Bangka Belitung yang baru, yang disebut Batik Cual.

Strategi yang digunakan oleh Pemerintah setempat rupanya berhasil menyebarkan potensi budaya Batik Cual untuk semakin dikenal dan dikenakan masyarakat di daerahnya maupun di kota-kota lain di Indonesia. Batik yang menjadi kebanggaan masyarakat Bangka Belitung ini kini telah menjadi seragam di beberapa Sekolah Dasar dan kantor-kantor pemerintahan. Bahkan, setiap kabupaten kota punya warna dan motifnya sendiri. Contohnya saja, PNS Belitung Timur memakai batik warna merah Motif Bebek-Bebekan. Sedangkan PNS Bangka Barat menggunakan Motif Burung Hong. Dan Bangka Selatan memakai Batik Cual bermotif Lada.

Source Perkembangan Batik Cual Masa Kini Batik
Comments
Loading...