infobatik.id

Perkembangan Batik Cirebon

0 32

Perkembangan Batik Cirebon

Kemajuan dan perkembangan diberbagai bidang telah memberi pengaruh mendasar bagi perubahan zaman. Peningkatan dalam industri kerajinan khususnya kerajinan batik, merupakan salah satu bentuk pembangunan yang secara tidak langsung akan memberi pengaruh terhadap pola pikir masyarakat yang berbudaya.

Pada akhirnya menyebabkan kerajinan batik di Desa Trusmi Cirebon mengalami perkembangan. Hal yang perlu diperhatikan adalah suatu karya kerajinan mengalami perkembangan atau mengalami perubahan karena adanya tuntutan hidup masyarakat yang menghendaki perubahan suatu bentuk, struktur ataupun sistem yang baru karena melihat apa yang telah di anggap kurang relevan dengan tuntutan kebutuhan hidupnya. Perkembangan dalam desain motif sangat diperlukan dalam upaya menjaga kelestarian Batik Cirebonan.

Selain itu apabila tidak ada perkembangan desain dalam motif maka dikhawatirkan mengalami kemunduran yang disebabkan oleh titik jenuh konsumen terhadap hasil produksi yang dihasilkan. Perkembangan batik di Desa Trusmi mengandung arti terhadap perkembangan dasar-dasar desain motif mengenai bentuk penciptaan dengan menambah, memperkaya, menyederhanakan atau mengurangi tanpa meninggalkan secara keseluruhan nilai-nilai dasar yang ada pada sebelumnya.

Source http://eprints.uny.ac.id/27625/1/Prasetyaningtyas%2C%2007207241013.pdf
Comments
Loading...