Perkembangan Batik Ciamis

0 250

Perkembangan Batik Ciamis

Perkembangan batik di Kabupaten Ciamis bermula sekitar abad ke 19. Seni membuat batik yang dikenal masyarakat Ciamis ini bermula ketika para pendatang dari wilayah Yogyakarta yang merupakan para pengikut pangeran Diponegoro ini mencari wilayah baru untuk mereka tempati. Para pendatang ini bergerak menuju ke arah selatan, mereka merupakan para prajurit yang mencari tempat tinggal baru. Para mantan prajurit ini melakukan perjalanan ke arah selatan bersama keluarga mereka hingga akhirnya sampai ke wilayah Ciamis. Para mantan prajurit tersebut banyak juga yang diantara mereka merupakan para pembuat batik yang sangat ahli. Kesenian membuat batik tersebut mereka bawa dan mereka ajarkan kepada masyarakat sekitar di mana mereka tinggal.

Pada masa tersebut membuat batik merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh para wanita di dalam rumah tangga mereka. Pekerjaan membuat batik tersebut mereka lakukan di kala mereka senggang dan menjadi pekerjaan rumah tangga bagi para wanita. Sejalan dengan waktu pekerjaan membuat batik ini menjadi semakin berkembang di daerah Ciamis dan pada akhirnya muncul motif batik khas dari daerah Ciamis. Motif batik yang muncul dan berkembang di daerah ini merupakan motif batik yang khas dan menggunakan budaya masyarakat Ciamis sebagai ide dasar pembuatan motif batik ini.

Batik yang dibuat oleh masyarakat Ciamis ini memiliki ciri khas dalam hal batiknya. Salah satu ciri khas dalam Batik Ciamis adalah bahan dasar kain yang mereka pakai adalah kain yang berasal dari hasil tenunan sendiri. Selain itu warna yang dipakai dalam Batik Ciamis ini masih banyak yang menggunakan warna alam pada proses batiknya. Beberapa bahan alam yang dipakai untuk membuat warna adalah pohon mengkudu, pohon tom, dan juga berbagai macam bahan alam yang berasal dari tumbuhan lainnya yang banyak di temui di daerah Ciamis.

Source Perkembangan Batik Ciamis Batik
Comments
Loading...