Perkembangan Batik Bogor

0 339

Perkembangan Batik Bogor

Menurut sejarah dan juga cerita Kota Bogor bukanlah merupakan sebuah lokasi yang menjadi pusat pembuatan batik pada zaman dahulu. Seiring dengan perkembangan batik dan juga semakin dikenalnya batik sebagai warisan tradisi bangsa Indonesia, masyarakat Bogor banyak yang menjadi sangat suka dan cinta terhadap batik dengan berbagai macam motifnya. Rasa cinta masyarakat Bogor terhadap batik ini akhirnya membuat para seniman batik yang ada di Kota Bogor kemudian menciptakan motif batik yang menggunakan ide dasar yang berasal dari kekayaan lokal daerah Bogor.

Kota Bogor saat ini paling tidak sudah ada tiga pengusaha kesenian batik yang telah secara terus menerus membuat berbagai macam kain dan baju batik yang menggunakan motif batik asli dari kota ini. Salah satu lokasi pembuatan batik tersebut adalah Batik Tridaya Tradisi Indonesia yang merupakan industri pembuatan baju batik yang dikelola dan dibentuk oleh tiga orang yaitu Bapak Siswaya, Bapak Suwondo, dan Bapak Haji Darmin. Kehadiran dari motif batik yang memperlihatkan kekayaan daerah dan juga lingkungan kota Bogor ini mendapatkan sambutan yang baik dari berbagai kalangan di masyarakat.

Cinta terhadap kesenian batik sudah sangat tinggi dalam masyarakat Kota Bogor, hal ini dapat terlihat dengan tingginya usaha mereka untuk dapat membuat batik tetap lestari dan dapat diwariskan terhadap anak cucu. Diantara usaha mereka itu adalah dibuatnya sebuah sanggar yang dijadikan tempat wisata batik. Dalam sanggar ini para pengunjung dapat mempelajari dan juga memahami bagaimana cara membuat selembar kain batik dengan cara yang benar dan memperoleh pemahaman mengapa selembar kain batik yang asli itu dapat dijual dengan harga yang sangat mahal.

Dukungan dari pemerintah daerah juga sangat penting dalam pengembangan batik. Dalam hal ini pemerintah kota Bogor telah berhasil mendukung terciptanya lima motif batik yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Bogor yaitu Motif Anggrek Bogor, Motif Tegar Beriman, Motif Batik Buah Manggir, Motif Leuit dan Motif Bunga Teureup.

Source Perkembangan Batik Bogor Batik
Comments
Loading...