Perkembangan Batik Bekasi

0 142

Perkembangan Batik Bekasi

Ketua yayasan Batik Jawa Barat Sendy Yusuf meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk membantu legalitas batik khas Bekasi. Menurut dia dukungan pemerinah sangat dibutuhkan bagi para perajin tersebut.

Sendy menjelaskan permasalahan legislitas tidak bisa di pandang sepele. Pemerintah harus lebih proaktif untuk melindungi hasil kreativitas warganya. Apalagi, dalam hal kerajinan batik Bekasi yang dasarnya mempresentasikan keseharian masyarakat di daerah itu. Memperingati Hari Batik Indonesia yang jatuh pada 1 Oktober 2011 lalu, Disperindagkop Kota Bekasi, melalui Kepala Bidang UMKM Narlisman Nahar mengatakan, akan membuat sebuah terobosan untuk mengangkat produk batik khas Bekasi.

Menurut Narlisman, batik kota Bekasi memiliki corak yang unik dan menarik, dan ini kata dia, harus dikembangkan salah satunya dengan membuat program promosi secara berkala. Diperindagkop memang pernah bertemu dengan beberapa pengrajin batik khas Bekasi, mereka mengeluhkan kurangnya perhatian Pemerintah kota Bekasi terhadap produk batiknya. Spontan merespon aspirasi mereka, dan mudah-mudahan tahun ini bisa menyelenggarakan Batik Ekspo.

Pemerintah Kabupaten Bekasi harus mendukung legalitas Batik Bekasi, karena batik Bekasi memiliki ciri khas kultur masyarakat betawi yang ada di Provinsi Jawa Barat. Bagaimanapun juga, kerajinan ini nantinya akan berdampak pad akemajuan ekonomi masyarakar sekitar. Batik Jawa Barat kini sudah berkembang di 23 kota dan kabupaten. Ragam batiknya semarak karena tiap daerah punya corak sendiri sesuai ke khasan wilayahnya, salah satunya Bekasi.

Source Perkembangan Batik Bekasi Batik
Comments
Loading...