Perkembangan Batik Banyumangi

0 146

Perkembangan Batik Banyumangi

Perkembangan batik di Kabupaten Banyuwangi sampai sekarang ini banyak tumbuh dan berkembang. Para pengrajin batik menyebar hampir di seluruh wilayah Kecamatan, hal ini  disebabkan karena adanya dukungan positif dari semua pihak terhadap keberadaan batik Banyuwangi diantaranya adanya kebijakan dari Pemerintah Daerah dalam upaya pengembangan batik di Banyuwangi serta pemanfaatan/pemakaian batik khas daerah untuk seragam Dinas maupun Sekolah pada hari dan even-even tertentu. Adapun jumlah pengrajin batik di Banyuwangi saat ini sebanyak 22 (dua puluh dua) unit usaha sebagaimana data industri batik Banyuwangi terlampir, dimana dari sekian jumlah tersebut 12 (dua belas) unit usaha berkembang ke motif proses painting (sarung pantai) yang pangsa pasarnya cukup besar di Bali.

Dengan melihat begitu besar animo masyarakat akan batik saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi berupaya untuk dapat meningkatkan pengembangan batik khas Banyuwangi melalui upaya pembinaan, diantaranya melalui pelatihan/bimbingan teknik peningkatan kualitas dan kuantitas produk, penerapan zat alam serta untuk menambah khasanah motif batik khas melalui pelaksanaan lomba desain batik khas Banyuwangi.

Sebagai langkah lanjut terhadap pengembangan akan industri kerajinan batik di Kabupaten Banyuwangi tahun 2013 telah direncanakan pembentukan sentra baru di wilayah Kecamatan Kabat, mengingat wilayah dimaksud sangat potensi baik dilihat jumlah unit usaha serta pangsa pasarnya cukup jelas. Maka sangat tepat Wilayah Kecamatan Kabat untuk dijadikan sentra industri kecil kerajinan batik di Banyuwangi.

Source Perkembangan Batik Banyumangi Perkembangan
Comments
Loading...