Perkembangan Batik Bandung

0 301

Perkembangan Batik Bandung

Kota Bandung merupakan tujuan wisata masyarakat dari berbagai wilayah karena suasana nya yang nyaman dan juga menyenangkan. Kota ini juga ternyata memiliki seni kerajinan batik yang dibuat oleh masyarakatnya. Seni batik dari Kota Bandung ini telah memiliki cukup banyak motif. Motif Batik yang dibuat oleh masyarakat Kota Bandung memiliki bentuk yang juga unik dan jelas yang membedakan batik dari daerah lain. Seni batik daerah Bandung ini banyak dijumpai di beberapa tempat dan jenis batik yang mereka buat diberi nama berdasarkan lokasi pembuatannya. Jenis batik dari kota ini diberi nama yaitu Batik Kota Bandung, Batik Kabupaten Bandung, dan juga Batik Kabupaten Bandung Barat.

Batik dibuat oleh masyarakat daerah Bandung sebenarnya telah berdiri cukup lama dan pada masa sebelum kemerdekaan negara Indonesia seni batik dari kota ini banyak dibuat oleh para seniman yang berada di sekitar pinggir dari sungai Cikapundung. Saat ini di daerah Bandung sudah tidak dapat kita temui lagi sisa dari sejarah pembuatan batik Kota Bandung. Seni kerajinan batik di kota ini saat ini banyak berkembang dengan menggunakan motif batik yang berbentuk kontemporer dan juga dengan menggunakan motif batik yang modern. Bandung telah terkenal sebagai kota yang memiliki banyak seniman dan dihuni oleh penduduk yang kreatif sehingga banyak seni batik dengan motif yang menawan muncul dari daerah ini.

Sudah banyak batik dengan motif kontemporer dan juga modern yang dibuat oleh para seniman batik di kota ini, seni dan juga motif batik yang mengangkat tema daerah asal mereka juga pernah dibuat dan juga dikembangkan oleh masyarakat daerah ini. Daerah yang menjadi pusat perkembangan batik di kota ini dapat kita jumpai salah satunya berada di daerah Cigadung yang memiliki lokasi di daerah yang berdekatan dengan Taman Makam Pahlawan Cikutra. Perkembangan Batik Bandung ini juga mulai berkembang di daerah Sarijadi dan juga di daerah yang disebut dengan nama Bojong Koneng.

Source Perkembangan Batik Bandung Batik
Comments
Loading...