infobatik.id

Perbedaan Motif Batik Papua Dan Motif Batik Jawa

0 32

Perbedaan Motif Batik Papua Dan Motif Batik Jawa

Batik Papua mungkin tidak akan terlalu familiar bagi orang-orang awan akan dunia perbatikan. Namun bagi pecinta batik sejati, pasti sudah tak asing bahwa selain koteka, Papua juga memiliki batik. Soal kualitas dan keunikan, sudah tidak perlu ditanyakan lagi.

Perkembangan era perbatikan di Papua, bermula pada tahun 1985. Dimana saat itu, pemerintah Indonesia mendapatkan bantuan dari The United Nations Development Programme (UNDP). Bantuan tersebut berupa pemberdayaan kebudayaan di daerah Indonesia bagian Timur Papua.

Pemerintah setempat mendatangkan langsung pengrajin batik terbaik dari Jawa untuk mengajarkan teknik membatik pada masyarakat daerah. Para pengrajin tersebut sebagian besar berasal dari Yogyakarta. Sejak saat itulah kegiatan membuat batik kian berkembang pesat di Negeri Koteka.

Memang tak jauh berbeda dengan berbagai jenis batik daerah lainnya. Namun tak seperti corak Solo atau Jogja yang terikat oleh sebuah peraturan. Corak Papua lebih bebas namun tetap kental akan etnik yang ada disekitar daerah tersebut.

Salah satu perbedaan mencolok dengan corak pulau Jawa ialah pola dan pemilihan warna dasar. Bila batik-batik Jawa lebih cenderung menampilkan pola simetris berjejer lurus atau diagonal, maka batik Papua tidak demikian. Coraknya malah cenderung asimetris dengan aksen-aksen khas etnik sekitar. Hal tersebut juga berlaku untuk pemilihan warna dasar kain. Paduan warna-warni cerah semakin menambah kesan eksotis dari kain khas Pulau Cenderawasih ini.

Source https://qlapa.com/ https://qlapa.com/blog/pesona-batik-papua
Comments
Loading...