Perbedaan Motif Batik Keraton dan Batik Pesisir

0 1.204

Perbedaan Motif Batik Keraton dan Batik Pesisir

Banyak orang yang mengenal Batik Keraton dan Batik Pesisir, tetapi ada sebagian yang mungkin susah untuk membedakan kedua jenis batik tersebut. Batik Keraton merupakan batik yang menggunakan motif-motif batik tradisional yang berasal dari dalam keraton dan dibuat oleh masyarakat keraton. Sementara untuk Batik Pesisir merupakan kesenian batik yang dibuat oleh masyarakat pesisir pantai pulau Jawa. Motif dan corak batik yang berasal dari daerah pesisir pantai ini sangat berbeda dengan motif batik yang di buat oleh keraton. Motif batik pesisir secara umum menggunakan motif yang memperlihatkan benda-benda yang sering ditemui di daerah pantai Pulau Jawa selain itu batik dari pesisir ini lebih cerah dan lebih berani dalam menggunakan warna untuk kain batik buatan mereka.

Perbedaan yang lain dari kedua jenis batik ini adalah dalam makna yang ada pada setiap motif pada permukaan kain batik tersebut. Batik yang berasal dari Keraton pada umumnya memiliki maksud khusus yang ingin disampaikan oleh pembuat motif batik tersebut kepada masyarakat luas. Ada harapan dan juga pelajaran yang terkandung dalam makna setiap motif batik tersebut. Sehingga pada batik yang menggunakan motif keraton ada beberapa aturan khusus dalam penggunaan nya. Batik dengan motif tertentu biasanya dipergunakan untuk acara-acara tertentu yang biasanya merupakan acara yang berupa upacara adat. Sementara dalam batik yang dibuat oleh masyarakat Pesisir pantai, motif batik yang mereka buat jarang memiliki makna dan juga tidak memiliki aturan yang harus dipatuhi ketika membuat baju batik dengan motif-motif yang mereka inginkan.

Batik yang dibuat oleh masyarakat pesisir pantai ini menjadi lebih bebas dalam berekspresi dan lebih bebas dalam membuat motif batik yang mereka inginkan. Dengan adanya kebebasan dalam membuat motif batik ini, batik yang berasal dari daerah pesisir pantai ini menjadi lebih mudah menerima pengaruh dari berbagai budaya asing yang masuk ke dalam wilayah mereka. Berbagai kebudayaan asing yang dibawa oleh bangsa asing yang masuk ke Indonesia, ketika mereka berdagang di wilayah ini menjadi perhatian masyarakat lokal, dan banyak kemudian yang membuat motif batik berdasarkan kebudayaan bangsa asing tersebut.

Source Perbedaan Motif Batik Keraton dan Batik Pesisir Batik
Comments
Loading...