Perbedaan Makna Antara Kain Lurik Dan Batik

0 18

Perbedaan Makna Antara Kain Lurik Dan Batik

Kain lurik belakangan ini naik daun karena dikreasikan menjadi busana cantik, yang mengikuti tren mode kekinian. Tapi tahukah Anda, sebenarnya lurik punya banyak perbedaan dengan batik lho.

Lurik ialah kain khas Jawa berasal dari daerah Yogyakarta. Proses pembuatan kain ini dengan cara ditenun. Sama seperti kain tenun pada umumnya, untuk menghasilkan warna-warna cantik, benangnya diberi pewarnaan yang khas.

Untuk lurik biasanya mengandalkan pewarnaan alami, yang cenderung mengandalkan pilihan warna cokelat dan hitam. Tapi karena tren mode kian berkembang, saat ini banyak corak lurik warna-warni yang memikat.

Jika ditilik usianya, lurik adalah jenis kain yang lebih tua dari batik. Pada zaman dulu, corak lurik dibuat berdasarkan garis keturunan kerajaan.

Nah, beberapa desainer ternama Tanah Air pun banyak yang memadu-padankan lurik dengan jenis kain lain. Tentu hasilnya akan menghasilkan busana indah nan cantik.

Lalu, apa yang membuat beda dari kain batik? Secara prosesnya jelas berbeda lho!

Desainer Afif Syakur menjelaskan, batik diproses dari kain putih polos yang diberi corak gambar penuh makna. Setelah itu, batik melewati proses pewarnaan dengan malam, yang bakal menghasilkan warna-warna cantik.

“Batik itu proses warnanya dengan malam. Tadinya kainnya putih yang digambar dengan motif-motif khusus,” ujar Afif saat ditemui di Hartono Mal, Yogyakarta.

Project Director Jogja Fashion Week 2018 ini menjelaskan, batik sejak dulu bagian dari budaya. Kain ini jadi simbol strata seseorang, yang dimiliki oleh kalangan tertentu.

Ada makna tertentu dari setiap kain batik yang dibuat, agar saat dipakai akan bermakna mulia. Tapi seiring perkembangan zaman, motif batik dari berbagai daerah pun sangat bermacam-macam.

“Makna corak batik dari lahir sampai meninggal dunia ini ada. Jadi ya berbeda dengan lurik,” tuturnya.

Meski berbeda, tapi kedua wastra ini tetap disukai oleh pencinta fesyen Tanah Air. Malahan beberapa desainer memadukan kain-kain cantik itu dalam sebuah karya busana menawan.

Comments
Loading...