infobatik.id

Perbedaan Batik Motif Kontemporer dengan Motif Batik Klasik

0 176

Perbedaan Batik Motif Kontemporer dengan Motif Batik Klasik

Seiring perkembangan zaman, Motif Batik juga ikut mengalami perkembangan dengan banyaknya motif baru bermunculan. Sisi motif yang sudah ada sejak dahulu tetap dipertahankan demi menjaga kelestarian motif itu sendiri. Ada dua jenis Motif Batik, terkadang kamu tetap kesulitan untuk membedakannya. Berikut cara membedakan Batik Motif Kontemporer dan Klasik. 

Batik Motif Klasik

Batik ini juga lebih dikenal dengan Batik Tradisional dan sudah dikerjakan secara turun temurun. Motif Klasik diciptakan sejak jaman kerajaan dahulu. Motif-motif tradisional mempunyai makna filosofi yang dalam tentang kehidupan manusia.

Beberapa Motif Klasik juga kental dengan mitos mistisnya yang dikenal memiliki energi magis bagi siapa saja pemakainya. Beberapa Motif Klasik yakni Motif Udan Mas, Kawung, Tumpal, Parang dan lainnya. Berikut ciri khas yang terdapat di Batik Motif Klasik.

  • Coraknya mempunyai simbolik pada setiap motif.
  • Warna cenderung berwarna gelap.
  • Motifnya menjadi ciri khas daerah asal batik tersebut.

Batik Motif Kontemporer

Batik Motif Kontemporer merupakan Motif Batik yang bernuansa modern dan biasanya menggunakan pewarna buatan. Penggunaan pewarna buatan seperti Rhemasol dilakukan guna mendapatkan warna lebih cerah dari Batik Klasik.

Selain itu, Batik Motif Kontemporer lebih mengedepankan pewarnaan bersifat gradasi. Perpaduan warna yang indah dengan dipoleskan menyatu membuatnya tak memiliki batas antara warna. Berikut ciri-ciri Batik Motif Kontemporer.

  • Mempunyai ragam luas dan bebas. Biasanya motif berupa binatang, buah, rangkaian bunga, tumbahan maupun abstrak.
  • Motif pada batik tidak mempunyai arti simbolik.
  • Warna bebas tidak harus sesuai dengan pakem.
  • Batik jenis ini tidak terikat dengan ciri khas daerah asal batik.
Source Perbedaan Batik Motif Kontemporer dengan Motif Batik Klasik Batik
Comments
Loading...