Perbedaan Batik Banten dan Batik Daerah Lain

0 623

Perbedaan Batik Banten dan Batik Daerah Lain

Perbedaan batik Banten dan batik di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Motif batik

Pola dasar ragam hias motif batik banten berasal dari benda sejarah purbakala yang disebut Artefak Terwengkal yang merupakan hasil ekskavasi arkeolog tahun 1976 di banten

2. Warna batik

Berdasarkan deskripsi 7 profesor, warna batik banten cenderung abu abu soft yang menunjukan karakter wong banten. Ciri-ciri dari warna abu abu soft mempunyai arti cita-citanya, idenya, dan tempramennya orang banten cenderung tinggi namun selalu sederhana serta kalem atau cantik warna batiknya berdasarkan kenyataan alam yang menunjang untuk daerah Banten dikarenakan airnya, sehingga menjadi ciri khas batik Banten, menjadi ikon dengan selogan bukan orang Banten kalau tidak minum air Banten.

3. Filosofi batik

Warna abu-abu soft itu sendiri adalah nama motif dan motif batik saling berkaitan dengan sejarah Banten, nama motif berasal dari Toponim desa-desa kuna, nama gelar bangsawan atau Sultan dan nama tata ruang di kesultanan Banten. Masing masing motif batik tersebut juga diberikan nama nama khusus yang diambil dari nama tempat, bangunan, maupun ruang dari situs Banten Lama dan juga dari nama gelar di masa Kesultanan Banten. Jika batik-batik lain bisa sekitar 5 pola diciptakan dalam 1 tahun. Tapi tidak bagi batik banten, batik Banten bisa sampai ratusan pola tapi pola harus sesuai dengan 3 hal yaitu: logika, filosofi dan layout.

Motif serta corak batik Indonesia dari berbagai daerah semakin beragam seiring dengan perkembangan waktu. Hampir setiap daerah di wilayah Indonesia sudah memiliki batik dengan khasnya masing-masing. Pemanfaatan batik Banten tidak hanya terdapat pada pakaian, namun juga pada berbagai macam barang kerajinan tangan seperti gantungan kunci serta gerabah yang didesain dengan motif batik Banten, bahkan benda lainnya seperti tas, topi, dan lain sebagainya. Pemanfaatan batik yang kian beragam dimaksudkan untuk menarik minat masyarakat dalam membeli serta mengenal lebih jauh tentang batik Banten.

Source Perbedaan Batik Banten dan Batik Daerah Lain Batik
Comments
Loading...