Perbedaan Antara Batik Tulis Dengan Batik Cap Dan Batik Printing

0 525

Batik yang semakin diburu, tak lantas membuat masyarakat paham akan perbedaan dalam proses pembutannya. Masyarakat yang awam tentang batik akan kesulitan membedakan mana batik tulis, mana batik cap, dan yang mana batik printing. Kondisi seperti ini akan membuat was-was para konsumen, terlebih maraknya oknum-oknum yang bermain curang untuk meraup keuntungan semata. Dibawah bagaimana perbedaan batik tulis, cap, dan printing :

Batik Tulis

Cara pembuatan batik dengan menggunakan teknik ini adalah teknik yang bisa dikatakan cukup sulit. Karena proses pembuatan batiknya harus menggunakan tangan, atau manual. Serta alat tradisionalnya juga harus dipakai misalnya canting, gawangan, wajan, kompor kecil, lilin, bahan pewarna, serta yang lainnya.

Langkah awal untuk proses pengerjaannya, yaitu dengan menggunakan bahan dasarnya yaitu kain mori yang berwarna putih. Lalu, cairan lilin tersebut diteteskan dengan menggunakan alat yang disebut canting atau dapat juga memakai kuas untuk bagian motif batik yang berukuran besar.

Pada saat cairan tersebut meresap hingga ke dalam serat kain, lalu celuplah dengan menggunakan warna yang kalian inginkan, biasanya diawali dengan warna-warna yang muda. Kelebihan dari menggunakan batik tulis ialah batik ini sangat ekslusif. Sebab satu kain batik yang dibuat oleh pengrajin batik tentunya akan berbeda pula dari yang lainnya, serta juga mempunyai karya seni yang alami. Kain batik ini tidak akan cepat untuk memudar sebab memakai tinta yang sangat berkualitas. Untuk proses pengerjaan batik tulis ini memang relatif cukup lama. Karena membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 sampai dengan 4 minggu.

Batik Cap

Batik cap dikerjakan dengan memakai alat yang khusus yaitu cap dengan berukuran 20cm x 20cm, atau seperti stempel yang biasanya mempunyai motif-motif batik tertentu. Sama seperti halnya batik tulis, proses pengerjaan batik cap ini pun masih manual atau bisa dikatakan memakai tenaga manusia.

Dilihat dari pembuatannya, kelebihan yang bisa kita dapat dari batik cap ini ialah lebih mudah digunakan, cepat, dan juga praktis. Bahan-bahan dasar yang dipakai juga sama seperti layaknya batik tulis, warna serta corak batik tidak akan cepat memudar. Tetapi, kekurangan dari batik yang dikerjakan dengan teknik cap ini akan nampak sama dengan motif yang lainnya, dan sangat berbeda dengan menggunakan batik tulis yang lebih menampilkan keberagaman.

Printing / Sablon

Dalam proses pembuatan batik sablon ataupun printing ini dapat dikatakan merupakan teknik membatik yang paling modern. Karena pembuatan batik printing tidak ada bedanya dengan proses menyablon manual ataupun printing mesin pabrik pada kaus maupun bahan pakaian yang lainnya.

Dan adapun kekurangannya yaitu, motif yang terdapat pada pakaian akan cepat memudar. Serta kelebihannya yaitu proses pembuatannya yang relatif lebih cepat.

 

Source Perbedaan Antara Batik Tulis Dengan Batik Cap Dan Batik Printing Batik Indonesia
Comments
Loading...