Perbandingan Zat Pewarna Alami dengan Zat Pewarna Sintetis

0 267

Tabel Perbandingan Zat Pewarna Alami dengan Zat Pewarna Sintetis

Perbandingan antara penggunaan Zat pewarna alami dengan zat pewarna sintetis untuk penerapan warna pada pembuatan batik. Berikut tabel perbandingannya :

Pewarna Alami Pewarna Sintetis
Warna Yang dihasilkan tidak stabil, mudah luntur Warna Yang dihasilkan stabil, tidak mudah luntur
Variasi Warna Terbatas Variasi Warna Lengkap
Intensitas Warna Rendah Intensitas Warna Tinggi
Keseragaman Warna Kurang Baik Keseragaman Warna Baik
Tidak Perlu Impor Impor
Zat Pewarna Susah diperoleh Zat Pewarna Mudah diperoleh dan murah
Limbah tidak berbahaya (Bio Degradable) Limbah mencemari Lingkungan

 

Dengan pertimbangan di atas, bisa dipahami mengapa pengusaha batik, atau pengusaha industri pakaian di Indonesia lebih memilih pewarna sintetis dari pada pewarna alam, karena praktis, mudah, murah dan ekonomis. Apalagi untuk industri pakaian batik skala besar, yang tentu saja banyak menggunakan zat pewarna.

Zat Pewarna alam masih mengalami kendala penggunaan karena tidak adanya standar fabrikasi zat warna alam, baik itu mengenai intensitas, stabilitas, keseragaman serta variasi warna, dan yang lebih penting ketersediaan zat pewarna secara masal, karena beberapa pengusaha batik harus mempersiapkan sendiri proses ekstraksi warna dari bahan alam, yang akan berpengaruh kepada lamanya proses produksi produk kain batik sendiri.

Oleh karena itu batik adalah warisan asli kreasi seni dan budaya leluhur indonesia, dan pentingnya produksi eco-batik dan eco-fashion pada umumnya, pemerintah wajib memfasilitasi dengan :

  1. Membatasi penggunaan penggunaan pewarna sintetis pada beberapa bidang produksi tertentu, dan menggalakkan pemberdayaan pewarna alam yang tersedia luas di Indonesia.
  2. Pemanfaatn riset atau melakukan riset melalui instansi terkait untuk menghasilkan standar fabrikasi pengolahan pewarna alami, baik itu standarisasi warna, variasi warna, agar didapat produk olahan pewarna alami siap pakai dan diproduksi masal.
Source Perbandingan Zat Pewarna alami dengan Zat Pewarna Sintetis Batik
Comments
Loading...