Perayaan Unik Hari Batik Nasional

0 23

Perayaan unik Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober diperingati dengan cara yang berbeda di setiap daerah. Di Madiun, misalnya, sejumlah 35 orang dari Komunitas Indorunners merayakan Hari Batik Nasional dengan berlari menggunakan atribut serba batik, seperti seperti baju, celana pendek, blangkon, kaos dan syal. Tak hanya di Madiun, Indorunners di seluruh Indonesia pun turut melakukan lari dengan menggunakan atribut batik yang dikenal dengan sebutan BatikRun.

Di Solo, Hari Batik Nasional dimeriahkan dengan acara orkes barisan dari Akademi Kepolisian yang berkolaborasi dengan Solo Batik Carnival. Atraksi ini akan mulai dari Stadion Sriwedari menuju Jalan Slamet Riyadi. Sampai di perempatan Nonongan Kota Solo, mereka bergabung dengan rombongan Solo Batik Carnival untuk kemudian menuju Balaikota Surakarta. Sumartono Hadinoto, juru bicara Batik Keris, menyatakan bahwa acara perayaan Hari Batik Nasional di Kota Solo bertujuan menunjukkan kepada masyarakat tentang upaya pelestarian batik.

Sekitar 3000 pelajar di Pekalongan hari ini menggunakan pakaian batik dan mereka akan diajak untuk memainkan permainan tradisional. Menurut Pasatimur Fajardewa, Tour Guide Museum Batik Pekalongan, ribuan pelajar tersebut juga akan membuat batik. Acara ini akan berlangsung di di Lapangan Jatayu Kota Pekalongan.

Museum Tekstil di Jakarta juga tak lepas dari perayaan Hari Batik Nasional. Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin, beserta Ketua Yayasan Batik Indonesia, Jultin Ginandjar, dan para istri kabinet berkumpul di museum yang terletak di Tanah Abang. Menurut Saleh, saat ini Kemenperin sedang menyusun Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) untuk batik tulis, batik cap batik kombinasi.

Saleh juga mengimbau untuk para pembatik agar menggunakan batik mark. Batik mark dapat digunakan untuk menghadapi produk lain yang mirip. Untuk mendapatkan sertifikasi penggunaan Batikmark, batik harus melewati berbagai tes di Balai Besar Industri Kerajian dan Batik.

Source https://beritagar.id https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/perayaan-unik-hari-batik-nasional
Comments
Loading...