infobatik.id

Peran Suku Pedalaman Papua Terhadap Batik Papua

0 11

Peran Suku Pedalaman Papua Terhadap Batik Papua

Batik Papua mungkin tidak akan terlalu familiar bagi orang-orang awan akan dunia perbatikan. Bagi pecinta batik sejati, pasti sudah tak asing bahwa selain koteka, Papua juga memiliki batik. Soal kualitas dan keunikan, sudah tidak perlu ditanyakan lagi.

Perkembangan era perbatikan di Papua, bermula pada tahun 1985. Dimana saat itu, pemerintah Indonesia mendapatkan bantuan dari The United Nations Development Programme (UNDP). Bantuan tersebut berupa pemberdayaan kebudayaan di daerah Indonesia bagian Timur Papua.

Berbagai macam suku-suku di daerah Papua juga turut andil dalam perkembangan ragam motif batik. Mulai dari suku yang tinggal dipegunungan hingga pesisir pantai. Semuanya memiliki kebudayaan serta kepercayaan berbeda-beda.

Secara garis besar, motif-motif batik Papua merupakan penggambaran dari kondisi alam sekitar. Baik itu flora dan fauna. Hewan-hewan yang biasa dijadikan pola hias ialah burung Cendrawasih, burung camar, cicak, bahkan buaya.

Proses pewarnaan kain masih menggunakan bahan-bahan alami. Seperti warna merah tegas yang berasal dari buah pinang, buah matoa, atau kayu besi. Pemilihan warna tegas tersebut juga merupakan cerminan masyarakat asli pribumi yang harus tegas dalam bersikap.

Source https://qlapa.com/ https://qlapa.com/blog/pesona-batik-papua
Comments
Loading...