Generasi Muda dalam Melestarikan Kesenian Batik Pamekasan

0 310

Peran Generasi Muda dalam Melestarikan Kesenian Batik Pamekasan

Peran serta keterlibatan generasi muda dalam pelestarian kesenian batik di Pamekasan memang tidak bisa diabaikan, karena generasi inilah yang akan meneruskan terpeliharanya kekayaan budaya bangsa ini. Sudah selayaknya generasi muda Pamekasan untuk terus berusaha dalam melestarikan peninggalan sejarah nenek moyang yang telah ditinggalkan dalam bentuk kesenian dan kebudayaan. Sebagai generasi penerus, sudah seharusnya generasi muda menggali potensi dirinya dan berusaha ikut serta dalam mengembangkan kebudayaan daerah yang sebagian besar telah tergeser oleh nilai budaya asing yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Generasi muda sebisa mungkin harus terlibat dalam pelestarian kesenian batik, karena ia adalah aset bangsa yang akan meneruskan eksistensi kebudayaan daerah. Kecintaan generasi muda pada kearifan lokal (batik) tidak boleh pudar oleh gempuran modernitas yang memengaruhi pola pikir dan gaya hidup anak-anak sekarang. Generasi muda harus berusaha secara bersama-sama dalam membentuk kelompok pecinta kebudayaan daerah dan bekerjasama dengan pemerintah untuk mempromosikan khazanah kebudayaan lokal tersebut.

Harapan untuk para generasi muda di daerah Pamekasan untuk turut serta dalam pelestarian batik adalah dengan cara memberikan pengetahuan secara mendalam tentang perkembangan yang ada di Indonesia, terutama mengenai Motif Batik Pamekasan yang dianggap sudah mampu berbicara banyak di level nasional dan internasional. Selain itu pula, perlu diajarkan cara membatik yang baik bagi generasi muda untuk menguasai jenis dan motif batik yang menarik untuk perkembangan batik Pamekasan.

Demi menjaga kelestarian kesenian batik yang ada di Pamekasan, generasi muda harus ditempa sejak dini untuk belajar secara bertahap bagaimana cara membatik yang baik sehingga menghasilkan lukisan batik yang indah dan menarik. Cara ini merupakan langkah yang sangat efektif untuk menularkan keterampilan membatik kepada anak-anak muda yang cinta akan kesenian dan kebudayaan daerah. Jika generasi muda dilatih secara konsisten bagaimana membatik yang baik, saya sangat yakin kalau batik Pamekasan akan semakin berkibar dan berkembang pesat dibandingkan dengan batik di daerah lain.

Source Generasi Muda dalam Melestarikan Kesenian Batik Pamekasan Batik
Comments
Loading...