Perajin Batik Trusmi Terhadang Modal

0 37

Perajin Batik Trusmi Terhadang Modal

Batik Trusmi Cirebon belum berkembang karena masih tetap terkendala. Pasalnya, ada beberapa hal yang masih menjadi permasalahan para perajin batik, seperti masalah pemasaran, inovasi produksi, dan permodalan. Berdasarkan keterangan beberapa perajin, hal itu semakin diperparah dengan kenaikan harga bahan bakar minyak yang ternyata berpengaruh terhadap ongkos bahan baku pembuatan batik.

Sementara di lain pihak, perajin kesulitan untuk menaikkan harga jual karena takut kehilangan pembeli. Menurut Tuti salah satu perajin batik di Desa Trusmi Kulon, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, saat ini untuk pemasaran kebanyakan perajin hanya mengandalkan gerai di lingkungan Desa Trusmi.

Kawasan Trusmi ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Cirebon sebagai salah satu daerah wisata belanja, dengan batik sebagai komoditas andalan. Ciri khas batik ini adalah motif wadasan atau batu kapur dengan turunan motif mega mendung yang berbentuk lapisan awan.

Source https://batiksastro.wordpress.com/ https://batiksastro.wordpress.com/2006/04/04/batik-garutan-krisis-perajin-batik-trusmi-terhadang-modal/
Comments
Loading...