Perajin Batik Kulonprogo Perkuat Pasar Lokal

0 154

Perajin Batik Kulonprogo Perkuat Pasar Lokal

Para perajin batik yang ada di Kabupaten Kulonprogo mulai merasakan kelesuan pasar batik yang biasa terjadi di akhir tahun. Untuk menjaga stabilitas produksinya, perajin batik Kulonprogo mulai kembali memperkuat pemasaran dengan cara lokal. Pemilik Batik Farras, Umbuk Haryanto, berbicara pembuatan lokal berbagai bulan terbaru menurun kurang lebih 20%. Kejadian tersebut, menurutnya, tak lepas dari kondisi ekonomi nasional, yang menurutnya juga lesu. Tren penurunan pasar batik di akhir tahun, menurutnya, kerap terjadi menyeluruh. Tak cuma di Kulonprogo tapi juga di daerah sentra batik lainnya, misal di Pekalongan.

Untuk  kawasan Kulonprogo terbilang lumayan beruntung sebab mempunyai motif khas berupa Geblek Renteng. Dirinya pun mengaku di akhir tahun ini kembali memperkuat pasar lokal. “Kelak pasar nasionalbakal kembali kamui telah masuk tahun aliran baru 2017,” katanya. Kebanyakan sekolah yang bakal memesan batik seragam mulai di awal tahun. Kewajiban lembaga sekolah supaya siswanya mengenakan batik khas Kulonprogo pun ikut mendongkrak pasal lokal. Batik Farras sebetulnya telah mempunyai pelanggan hingga tingkat nasional. Produk Farras bahkan hingga ke Jakarta, Bandung, Samarinda serta daerah lainnya. Masihi supaya pasar masih stabil, pelanggan lokal juga diperkuat

Terlebih, waktu ini Batik China telah tak sedikit yang masuk ke  kawasan bahkan daerah di Indonesia. Dengan memperkuat pasar lokal, produk China itu takbakal sempat menjadi kompetitor. Tak tanggung-tanggung, untuk memperkuat pasar lokal batik Kulonprogo, Umbuk saat ini telah mempunyai 500 pembatik tulis. Mereka tersebar di  kawasan Kecamatan Lendah.

Source https://kwkp.blogspot.co.id/   https://kwkp.blogspot.co.id/2016/11/perajin-batik-kulonprogo-perkuat-pasar.html
Comments
Loading...