Perajin Batik Jambi Harus Mampu Berinovasi

0 29

Perajin Batik Jambi Harus Mampu Berinovasi

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hj. Sherrin Tharia Zola menghimbau para perajin batik jambi terus melatih diri dan cari inovasi baru. Agar menghasilkan karya-karya yang lebih bagus lagi. Semua harus percaya diri bahwa batik jambi mempunyai ciri khas tersendiri yang daerah lain tidak punya.

Himbauan demikian disampaikannya saat menghadiri malam Wardah Youniiverse Celebration Of Color, Indonesia Fashion Week 2017, di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu malam (4/2). Fashion show kali ini menampilkan para desainer berbakat dengan beragam koleksinya yang tergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Diantaranya, Dian Pelangi, Happa By Mel Ahyar, Ria Miranda, Kursien Karzai, Hauri By Normamoi, Malik Moestaram, Zaskia Sungkar, Kursien Karzai dan Barlie Asmara.

Kain batik telah Menjadi identitas industri mode Indonesia, batik menjadi kain nusantara yang keindahan dan keunikannya telah diakui oleh industri mode nasional dan internasional. Corak dan filosofis yang dimiliki kain tradisional inipun amat beragam dan datang dari berbagai daerah, salah satunya adalah Provinsi Jambi. Batik jambi mempunyai ciri khas tersendiri.

Dekranasda Provinsi Jambi untuk lima tahun kedepan ini akan lebih serius melatih perajin batik dan mempromosikan hasil karyanya ditingkat nasional. Untuk kedepannya Dekranasda Provinsi jambi akan terus bersinergi dengan Dekranasda Kabupaten/kota Seprovinsi Jambi. Dalam upaya mendorong para pengrajin batik untuk terus meningkatkan kualitas diri dengan pelatihan dan berkerja sama dengan pihak terkait.

Sherrin juga menghimbau pengrajin batik di Jambi untuk terus berlatih agar dapat menghasilkan karya baru serta bermutu. Sherrin juga menghimbau masyarakat untuk terus melestarikan kearifan lokal Jambi. Pada kesempatan tersebut Sherrin dan rombongan meninjau stand Fashion Darlie Asmara yang menampilkan bahan batik dari Jambi.

Indonesia Fashion Week 2017 ini bertemakan Celebration of Culture mengangkat kearifan budaya lokal dalam menghadapi persaingan global, setiap provinsi menampilkan fashion dari daerahnya. Acara Indonesia Fashion Week 2017 diselenggarakan selama 5 hari dari tanggal 1 sampai 5 Februari 2017 dengan rangkaian acara, pameran dagang internasional, peragaan busana, kompetisi, seminar dan workshop.

Source https://infojambi.com/ https://infojambi.com/sherrin-himbau-pengrajin-batik-jambi-cari-inovasi-dan-karya-karya-baru/
Comments
Loading...