Perajin Batik Gumelem

0 38

Perajin Batik Gumelem

Batik Gumelam merupakan salah satu warisan budaya bangsa di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Batik Gumelem dikembangkan di desa Gumelem, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara. Desa Gumelem ini memiliki jarak sekitar 45 km dari Kutha Banjarnegara. Batik Gumelem menjadi salah satu kebanggaan sampai sekarang. Warisan budaya ini turun temurun dari generasi ke generasi sebelumnya. Saat ini, ada sekitar 24 perajin batik asli Gumelem yang mengendalkan hidupnya dari usaha tersebut. Warga yang mengandalkan hidup dari batik Gumelem yang banyak berada di Dusun Dagaran, Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara. Batik Gumelem potensial dikembangkan dari segi ekonomi, sosial, dan lingkungan untuk mendukung sektor pariwisata dan juga bisa menjadi salah satu tujuan wisata Kabupaten Banjarnegara.

Meskipun seni batik yang dikembangkan di wilayah lain akan tetapi Batik Gumelem mempunyai keunikan tersendiri. Keunikannya pada motif batik tanpa pengulangan sehingga motif Gumelem terlihat lebih dinamis. Selain warna dasar kain lebih muda dari warna motifnya menjadikan tampilan desain batik kelihatan tembus dapat dilihat dari kedua sisi. Motif-motif batik traditional Gumelem seperti Cebong Kumpul (anak katak berkumpul), Kawung Beton, dan Parang Juanda. Motif lainnyaantara lain : merak kembangan, ireng blabur, dunia baru tutulan, jagatan tutul baru, kembangan, cendhol wutah, rawisan pare, mega mendung dieng dan jagad sogan.

Sejarah Batik Gumelem ada sejak Gumelem masih menjadi Kademangan. Demang Gumelem pada saat itu juga membawa budaya batik Mataram ke Gumelem, Kabupaten Banjarnegara. Batik Gumelem lebih berkembang sejak Pemkab Banjarnegara mewajibkan pegawainya menggunakan batik Gumelem setiap hari Sabtu sejak tahun 2006. Setiap hari Kamis dan Jumat pegawai Pemkab Banjarnegara juga diwajibkan menggunakan Batik Gumelem. Tidak hanya pegawai Pemerintahan, sekarang masyarakat umum juga sudah senang menggunakan Batik Gumelem. Batik Gumelem sekarang sudah mulai dikenalkan kepada siswa-siswa SD di Desa Gumelem.

Source https://batikgiatusaha.wordpress.com/
Comments
Loading...