Perajin Batik Bayat

0 161

Perajin Batik Bayat

Bayat merupakan wilayah di Kabupaten Klaten yang memiliki berbagai perajin yang patut dibanggakan. Perajin batik tulis di Kelurahan Jarum sebagian besar merupakan perajin rumah tangga, dan terbesar di beberapa wilayah penduduk, antara lain Dukuh Pendem, Pudungrejo, Karangnongko, dan Gedangklutuk. Hasil produksi batik tulis bukan hanya berupa kain, melainkan juga sudah ada yang dipadukan dengan produk lain, yaitu kayu. Batik kain merupakan cikal bakal perajin batik tulis di jarum, terutama batik kain jarik. Dengan perkembangan permintaan pasar dan perkembangan mode, maka produk batik kain sudah meluas pada batik pakaian, batik kain, hiasan, dan aksesoris rumah tangga lain seperti taplak, seprai, sajadah, sarung bantal dan lain-lain.

Jumlah produksi batik yang di buat dalam satu bulan mencapai dua lusin. Jenis batik yang di produksi oleh masyarakat industri batik Bayat yaitu batik tradisional dan batik modern. Teknik pembuatannya yang di gunakan dalam 20 pembuatan batik Bayat yaitu batik tulis, batik cap, batik colet dan batik printing. Perajin batik Bayat sebagian besar mengenal batik Bayat dari turun-temurun nenek moyang terdahulu. Masing-masing perajin batik Bayat medesain produk pakaian batik sendiri dan mereka mengembangkan desain dengan belajar dan menambah pengetahuan serta selalu mengikuti tentang fashion atau trend yang sedang berkembang di pasaran. Batik tulis jarum mempunyai ciri motif khas, yang tidak ada pada daerah industri batik lainnya. Motif batik khas jarum antara lain latar putih, kambil secukil/kopi pecah dan remukan.

Kelebihan yang dimiliki oleh seorang pembatik jarum adalah warna yang digunakan natural, merupakan pewarnaan kain batik dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti dari kulit pohon mahoni, kulit pohon duwet, kulit pohon secang dan kulit pohon tangi. Dari kulit pohon-pohon tersebut diperoleh berbagai warna, antara lain cokelat, violet, merah hati, kuning dan gambir. Bahkan warna-warna alami tersebut dapat dikombinasikan untuk memperoleh efek warna baru, sehingga akan mendapatkan banyak pilihan warna.

Source Perajin Batik Bayat Batik
Comments
Loading...