Perajin Batik Banyumas Selesaikan Batik Didesain Presiden

0 86

Perajin Batik Banyumas Selesaikan Batik yang Didesain Presiden

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Dinperindagkop) Banyumas Joko Wikanto mengatakan desain batik yang dibuat oleh Bapak Presiden pada acara peluncuran Revitalisasi 1.000 Pasar Rakyat dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Manis Purwokerto. Joko mengatakan hal itu saat mendampingi 11 pengrajin batik yang hendak memperlihatkan kain dan baju batik yang didesain Presiden Jokowi kepada Bupati Banyumas Achmad Husein di Sasana Joko Kahiman, Purwokerto.

Desain batik yang dibuat oleh Presiden Jokowi itu telah diselesaikan menjadi kain dan baju batik. Kain dan baju batik itu rencananya akan diserahkan Bupati Banyumas setelah tujuh dari sebelas pengrajin menyelesaikannya. Sementara itu baru  ada empat pengrajin yang telah menyelesaikan, yaitu Batik I’AH dari Sokaraja, Batik Darmono dari Banyumas, Batik Hadi Prianto dari Mruyung, Kecamatan Banyumas, dan Batik Heru dari Sokaraja. Sisanya sedang dalam proses pengerjaan dan akan selesai pada awal bulan September. Tujuh pengrajin yang masih mengerjakan kain dan baju batik itu, yakni Batik Enin dari Sokaraja, Batik R dari Sokaraja, Batik Tata dari Sumpiuh, Batik Nur dari Sokaraja, Batik Eftigo dari Sidabowa, Batik Pringmas dari Papringan, dan Batik Anto Jamil dari Sokaraja.

Desain batik itu diproses menggunakan kain dan warna yang beragam serta dibuat baju sesuai dengan ukuran Presiden Jokowi. Desain yang dibuat oleh Bapak Presiden berupa gambar pohon kelapa. Ini sesuai dengan salah satu potensi unggulan Kabupaten Banyumas, yaitu gula kelapa. Desain tersebut dibuat Presiden Jokowi karena sebelumnya Bupati Banyumas menjelaskan tentang profesi yang ditekuni sebagian masyarakat Banyumas adalah pengrajin gula kelapa dimana produknya berupa gula batang dan gula kristal telah diekspor ke beberapa negara.

Dalam kesempatan itu, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa tujuan diserahkannya kain batik yang digarap pengrajin asal Banyumas berdasarkan desain yang dibuat Presiden Jokowi adalah untuk memperkenalkan dan menginformasikan batik Banyumas yang berkualitas dan siap bersaing di pasar nasional maupun internasional.

Source https://jateng.antaranews.com/ https://jateng.antaranews.com/detail/pengrajin-banyumnas-selesaikan-batik-yang-didesain-presiden.html
Comments
Loading...