Perajin Batik Bantul Diharapkan Memiliki Modal Kuat

0 18

Perajin Batik Bantul Diharapkan Memiliki Modal Kuat

Pemkab Bantul melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perindustrian (DKUMP) terus mendorong agar para perajin batik giat melakukan regenerasi. Agar regenerasi berjalan baik, dibutuhkan modal yang kuat. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala DKUMP, Sulistyanta.

“Upaya kita saat ini regenerasi pembatik. Ketika ada regenerasi pasti membutuhkan modal. Setelah dilatih tentu butuh modal untuk bisa aplikasikan apa yang didapat,” katanya dalam kesempatan Pemberdayaan Pembatik di Aula BPR Bank Bantul.

Pihaknya mengharapkan para perajin dapat membentuk kelompok usaha beraama.

“Kami harapkan, produk rumahan, perajin bisa bentuk kelompok usaha bersama agar akses permodalan juga bisa perkelompok,” katanya. Selain itu, jika berkelompok mereka juga bisa mengakses BPJS.

“Selama ini perajin rumahan belum bisa tercover. Ini yang kita upayakan,” terangnya. Tahun ini pihaknya telah melatih lebih dari 80 orang di tiga kecamatan yakni Sewon, Pleret dan Piyungan.

“Basic pembinaan lebih mudah dengan kelompok. Supaya bisa usaha barengan dan agar lebih kuat permodalannya,” paparnya.

Source http://jogja.tribunnews.com http://jogja.tribunnews.com/2018/12/11/perajin-batik-bantul-diharapkan-memiliki-modal-kuat
Comments
Loading...