Penyanyi Trie Utami Jadi Maskot Solo Batik Carnival 2018

0 19

Penyanyi Trie Utami Jadi Maskot Solo Batik Carnival 2018

Vokalis Krakatau Band, Trie Utami akan menjadi maskot gelaran Solo Batik Carnival (SBC) 2018, Sabtu 14 Juli mendatang. Belum dipastikan, penyanyi 50 tahun itu akan mengenakan kostum khusus atau seperti peserta pada umumnya.

Panitia penyelenggara SBC, Lia Imelda, mengatakan, selain Trie Utami, Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Muspida Kota Solo juga akan mengenakan kostum bertemabatik. Untuk tahun ini peserta berasal dari berbagai daerah di tanah air. Mereka akan mengenakan kostum sesuai daerahnya masing-masing.

Lia menjelaskan, peserta SBC tahun ini mencapai 150 orang, yang terbagi dalam 8 defile. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa bagian utara, Lombok, dan yang terbanyak dari Kota Solo.

Lia menjelaskan, pembagian 8 defile tersebut di antaranya adalah Defile Lenggang Batavia mewakili DKI Jakarta, Jawa Dwipa mewakili Jawa Tengah, Nagari Minangkabaudari mewakili Sumatera Barat, Mapalili Mamiri mewakili Sulawesi Selatan, Dayak Borneo mewakili Kalimantan Timur, Tiara Dewata mewakili Bali, Sasando Timor mewakili Nusa Tenggara Timur dan Tana Sajojo mewakili Papua.

“Para peserta ini berasal dari anak sekolah mulai TK sampai perguruan tinggi, dan masyarakat umum yang berumur sampai 50 tahun,” katanya.

Pada Grand Carnival, Lia menjelaskan, 150 peserta ini akan melakukan karnaval mulai Stadion Sriwedari Solo menyusuri Jalan Slamet Riyadi hingga Benteng Vastenburg yang menjadi lokasi event.

“Pada SBC ke-11 tahun ini kita mengusung tema Ika Paramartha. Maknanya persatuan dalam kesatuan, perbedaan dalam keanekaragaman, dan keunikan dalam ciri khas masing-masing daerah. Kami ingin menyatukan seni budaya di Indonesia yang dikonsep dalam bentuk karnaval,” terangnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Hasta Gunawan menambahkan, SBC tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, kata dia, pemerintah lebih mengedepankan pemberdayaan dan pendampingan. Sehingga akan muncul kreasi-kreasi dari anak muda.

Dari gelaran SBC ke-11 ini ia berharap lebih memperkuat Solo sebagai pusat batik, terutama batik tradisional. Pihaknya juga berharap kegiatan tersebut bisa menambah gairah wisata Kota Solo.

Source https://www.merdeka.com https://www.merdeka.com/peristiwa/penyanyi-trie-utami-jadi-maskot-solo-batik-carnival-2018.html
Comments
Loading...