Penurunan Usaha Batik Ponorogo

0 167

Penurunan Usaha Batik Ponorogo

Pada zaman dahulu Kota Ponorogo merupakan sebuah daerah yang cukup terkenal dengan seni batik dan juga berbagai macam batik yang menjadi karya masyarakat daerah tersebut. Batik yang mereka buat pada masa dahulu merupakan batik dengan teknik batik tulis. Motif batik daerah ini telah banyak disukai oleh masyarakat umum. Namun usaha batik di daerah ini mengalami penurunan yang cukup drastis pada beberapa tahun yang lalu.

Penurunan usaha batik ini disebabkan oleh banyak faktor yang diantaranya adalah masalah modal dan juga sangat minimnya promosi mengenai batik asli dari wilayah Ponorogo ini. Selain itu kurangnya minat generasi muda di kalangan masyarakat Ponorogo untuk melanjutkan usaha pembuatan baju batik miliki keluarga mereka dan memilih untuk bekerja di luar Ponorogo baik itu di luar daerah atau pun bekerja di luar negeri. Tidak adanya generasi penerus dalam seni batik Ponorogo ini merupakan suatu hal yang sangat bahaya bagi kelangsungan batik di kota ini. Hal ini membuat batik dari Ponorogo keadaannya semakin terpuruk dan membuat usaha batik di kota ini semakin susah. Selain itu ada juga masalah lain yaitu mengenai penjiplakan motif batik asli yang dibuat oleh masyarakat Ponorogo dengan susah payah dan dibuat dalam bentuk kain dengan motif batik yang dibuat secara printing atau sablon.

Motif batik ini dijual dengan harga yang sangat murah dan membuat motif asli yang dibuat oleh seniman batik dengan teknik tulis menjadi tidak terlalu diminati oleh masyarakat luas. Kejadian ini cukup sering terjadi dan setiap ada motif batik baru yang selesai dibuat dengan teknik tulis maka beberapa saat kemudian motif tersebut banyak ditiru dan kemudian di produksi secara besar-besaran. Hal ini perlu dihindari dan dicarikan solusi untuk dapat membuat suatu motif batik dapat di patenkan dengan lebih mudah.

Source Penurunan Usaha Batik Ponorogo Batik
Comments
Loading...