Pengusaha dan Pengrajin Kulon Progo Belajar Pewarnaan Batik

0 137

Pengusaha dan Pengrajin Kulon Progo Belajar Pewarnaan Batik

Dunia batik mulai untuk mendapatkan angin segar di kalangan masyarakat. Fakta ini setidaknya ditunjukkan oleh minat masyarakat yang cukup tinggi terhadap seni batik. Seperti dialami oleh Dekranasda Kulonprogo yang ingin mengembangkan seni batik di daerahnya, khususnya di bidang pewarnaan. Untuk mewujudkan upayanya ini, Rabu ( 11/3) membawa para pengusaha dan pengrajin berkunjung ke PPPPTK Seni dan Budaya Sleman untuk mengetahui proses pewarnaan yang ada di Studio Tekstil PPPPTK.

Rombongan pengrajin yang berjumlah 32 orang ini, selama kurang lebih 1 jam melakukan praktek langsung mengenai pewarnaan dengan dipandu oleh para instruktur dan karyawan di Studio Tekstil. Ketua Dekranasda Kulonprogo yang dipimpin langsung oleh isteri Bupati Kulonprogo, Ny. Toyo itu terlihat antusias sekali saat mengamati proses pewarnaan yang ada di Studio Tekstil.

Beberapa pertanyaanpun tak segan – segan ia lontarkan terkait proses pewarnaan. Bahkan ia meminta beberapa sampel warna untuk dibawa pulang. Maryati, salah seorang karyawan di studio tekstil, yang sehari – harinya menggeluti batik, dengan sabar dan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh para pengrajin.

Source http://www.cuplik.com/ http://www.cuplik.com/read/1029/Para-Pengusaha-dan-Pengrajin-Kulon-Progo-Tertarik-Belajar-Pewarnaan-Batik
Comments
Loading...