Pengusaha Batik Solo Lirik Pasar Anak Muda

0 40

Perkembangan zaman ternyata tak menyurutkan bisnis batik tradisional di Kota Solo. Era persaingan global justru membuat para pengusaha semakin kreatif berkarya. Pengurus Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman Surakarta, Gunawan Setiawan mengungkapkan pasar untuk produk batik kini telah meluas. Anak muda kini juga menjadi target pasar para pengusaha batik.

Untuk anak muda tentu kita sesuaikan motif, model dan warnanya. Menurut analisa, jangan dibuat yang terlalu berat. Buat motif-motif yang kekinian. Meski kekinian, motif yang dijual tetap harus berdasarkan motif pakem. Menurutnya, banyak motif tradisi yang masih bisa dieksplorasi agar bisa menyesuaikan zaman.

Dengan kita mempertahankan motif pakem tradisional, menjadi salah satu modal kita untuk mengembangkan batik. Masalah desain, model peruntukkannya disesuaikan saja. Kalau tradisi kita tinggalkan, apa bedanya Indonesia dengan lainnya.

Menurutnya, pengusaha batik Solo harus mengubah pola pikirnya agar produk batik disukai anak muda. Sebab, batik Solo khas dengan gaya sogan, yaitu warna kuning kecoklatan. Solo kendalanya di situ. Remaja kan biasanya cerah, dinamis. Sedangkan warna Solo kan biasanya elegan, berwibawa. Tapi untuk anak muda tetap kita sesuaikan keinginan pasar.

Source https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3666841/pengusaha-batik-solo-lirik-pasar-anak-muda news.detik.com
Comments
Loading...