Pengusaha Batik Lasem Palembang Sumatera Selatan

0 515

Batik Lasem

Palembang dikenal dengan kota empek – empek. Palembang terletak di Pulau Sumatera tepatnya dibagian Sumatera Selatan. Selain terkenal dengan kota empek – empek, Palembang juga memiliki kerajinan batik yang tak kalah keren. Salah satunya adalah batik dengan motif lasem khas palembang. Batik lasem Palembang memiliki dua motif yaitu, motif non cina yakni motifnya tidak dipengaruhi oleh budaya cina, tetapi didominasi oleh motif batik jawa. Seperti sekar jagad, kendoro kendiri, gringsing, kricak atau watu pecah, pasiran, lunglungan, gunung ringgit, pring – pringan, pasiran kawung, kawung mlathi, endok walang, bledek mataraman, bledek cabe, dan sebagainya. Kemudian motif yang ke dua adalah batik lasem motif cina yang mana motif ini sangat kental dipengaruhi oleh budaya Cina.

Dari semua motif diatas baik motif non Cina dan Cina disebut juga sebagai motif lasem. Karena Cina yaang pertama kali memperkenalkan motif lasem ini di Kabupaten Palembang. Selain itu motif batik lasem memiliki pengaruh sangat kuat pada batik – batik lainnya, seperti Indramayu, Jambi, Palembang, Pekalongan, Solo,dan Yogyakarta. Seperti halnya pengaruh motif batik dari berbagai daerah tersebut dalam perkembangan dinamika motif dalam batik Lasem. Sebagai contoh, konon seni batik Indramayu diperkenalkan oleh para pengrajin batik dari Lasem.

Pada tahun 1930 jumlah pengusaha batik di Lasem ada 120 orang. Pengusaha – pengusaha batik ini merupakan pungusaha batik etnis Tionghoa. Pada tahun 1942 industri batik lasem mengalami kejayaan, namun pada masa kependudukan Jepang usaha batik lasem ditutup. Dengan tekat dan semangat yang tinggi seiktar 1950 pengusaha batik lasem bangkit kembali. Tetapi dilihat dari jumlah pengusahnya terus berkurang, hal ini disebabkan krisis ekonomi dan ketatnya persaingan antar pengusaha batik. Kondisi tersebut menyebabkan rendahnya daya serap industri batik lasem terhadap para pembatik diberbagai desa yang tertinggal. Akibatnya banyaknya pengangguran tenaga kerja pembatik yang tidak dapat dihindari.

Source Minimnya Pengusaha Batik Lasem Palembang Sumatera Selatan Sentral Batik Tulis Lasem
Comments
Loading...