Pengrajin Batik Purbalingga Diminta Kreatif dan Inovatif

0 143

Pengrajin Batik Purbalingga Diminta Kreatif dan Inovatif

Sulitnya Batik Purbalingga bersaing dengan daerah lain menjadi pekerjaan rumah berbagai pihak, utamanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) agar keberadaan batik semakin di minati masyarakat serta mensejahterakan para perajinnya. Masih monotonnya pewarnaan batik dan belum mengembangkan dengan teknologi modern seperti batik cap atau printing oleh perajin di Purbalingga serta kendala promosi dan permodalan menjadi kendala bagi berkembangnya batik di Purbalingga.

Salah satu permasalah klasik pengembangan batik adalah warna batik masih monoton yang didominasi dengan warna gelap dan cenderung yaitu warna hitam atau coklat. Selain itu, inovasi dan kreasitifitas batik agar mampu berdaya saing dengan perajin luar daerah juga diperlukan apalagi sudah masuknya Indonesia ke dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan era globalisasi. “Kita sudah memasuki era MEA atau global, jadi untuk menekuni bidang apapun kita harus menciptakan serta meningkatkan kreasi dan inovasi, agar kita memiliki daya saing.

Karena batik-batik tidak hanya ada di Purbalingga saja, tetap di kota-kota dan kabupaten lain juga banyak yang memproduksi batik,” kata Wabup. Saat ini, perajin batik di Purbalingga, hanya mengembangkan seputar batik tulis, sedangkan proses pembuatan batik tulis membutuhkan waktu lama dan untuk kabupaten lain sudah mengembangkan batik cap dan batik printing.

Source https://hallo.id/news https://hallo.id/news/pengrajin-batik-purbalingga-diminta-kreatif-dan-inovatif
Comments
Loading...