infobatik.id

Pengrajin Batik Harapkan Perhatian Pemerintah

0 7

Pengrajin Batik Harapkan Perhatian Pemerintah

Pada Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2015 seolah menjadi perayaan bagi seluruh pengrajin batik. Segudang harapan terlontar dari para pengrajin batik di Karawang. Pada perkembangannya, batik tidak hanya dalam bentuk pakaian namun dapat disulap menjadi tas, sepatu. Seolah batik kini telah menjadi bagian tren di tengah-tengah masyarakat. Hj.Istiqomah yang sebagai salah satu  pengusaha batik Karawangan  ini, mengaku senang dengan ditetapkannya Hari Batik Nasional karena permintaan batik semakin meningkat dan secara tidak langsung memberikan keuntungan bagi pengusaha dan pengrajin batik. “Saya senang sekali karena pemerintah menganjurkan PNS memakai batik. Keuntungannya besar sekali. Kita harus selalu membuat batik dalam motif baru,”ungkap Hj.Istiqomah, pengrajin batik serta pengusaha batik Karawangan.

Di Kabupaten Karawang, umumnya batik yang paling banyak diminati masyarakat adalah dicap. Ia mengaku bersyukur tidak ada pengusaha atau pengrajin batik yang gulung tikar karena bangkrut gara-gara sepi pesanan. Penggunaan batik tidak hanya melanda Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetapi juga melanda pegawai swasta dilingkungan Karawang. “Kalau gulung tikar tidak ada tetapi berhenti dulu . Ada yang buat batik pas ramai saja seperti di Hari Batik Nasional kan pada saat perayaan itu pasti ada festival batik ya kami ikut  lalu, selain dalam perayaan hari itu juga kami dapat memasarkannya pada saat ada pameran ,”ujarnya.

Dengan hal itu Istri dari perwira purn AD tersebut   berharap agar pemerintah lebih memperhatikan nasib pengrajin ataupun pengusaha batik. Harapan kepada pemerintah kepada para pengrajin agar lebih memperhatikan para pengusaha batik, terutama pengusaha kecil yang benar-benar memperjuangkan agar tetap dilestarikan.

Source https://karawangtoday.com/wp/ https://karawangtoday.com/wp/?p=14536
Comments
Loading...