Pengrajin Batik di Jateng Diundang Ramaikan Pasar Dandangan

0 50

Pengrajin Batik di Jateng Diundang Ramaikan Pasar Dandangan

Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bakal mengundang pengrajin batik dari berbagai daerah yang ada di wilayah Jateng untuk ikut memeriahkan pameran selama perayaan tradisi Dandangan mulai 16 hingg 25 Mei 2017. “Dari 35 kabupaten/kota, kami hanya mengundang 20 daerah yang memang memiliki kerajinan batik khas,” kata Kabid PKL pada Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sofyan Duhri.

Jumlah pedagang yang bakal ditampung pada perayaan tradisi Dandangan di Kabupaten Kudus diperkirakan sebanyak 434 pedagang. Jumlah pedagang tersebut masih memungkinkan bertambah karena pada tahun ini kami juga menyediakan khusus gerai untuk pengrajin batik dari luar kota. Sebagian pedagang ada yang berjualan secara lesehan dan sebagian lagi berjualan dengan tenda atau gerai.

Untuk menampung ratusan pedagang tersebut, Dinas Perdagangan akan menyediakan gerai yang akan disewakan kepada pedagang selama perayaan tradisi Dandangan. Adapun ukuran setiap gerai, kata dia, bervariasi atau menyesuaikan dengan jenis komoditas. Pedagang kaki lima yang sebelumnya berjualan di sepanjang jalan yang akan digunakan perayaan Dandangan, kata dia, akan dialihkan ke tempat lain, seperti di Jalan Sunan Kudus mulai perempatan Ba`agil ke timur. Adapun gerai yang disediakan tersebar di Jalan Sunan Kudus, Jalan Madureksan, Jalan Kiai Telingsing, Jalan Pangeran Puger, Jalan Wahid Hasyim, Jalan K.H.A. Dahlan Jalan Menara serta Jalan Kudus-Jepara. Tradisi Dandangan di Kudus biasanya diramaikan dengan kirab Dandangan dengan menampilkan potensi budaya beberapa desa di Kudus dengan rute kirab di jalan-jalan protokol.

Source https://jateng.antaranews.com/ https://jateng.antaranews.com/berita/166021/pengrajin-batik-di-jateng-diundang-ramaikan-pasar-dandangan
Comments
Loading...