Pengrajin Batik Banjarnegara Di Ajari Batik Cap

0 144

Pengrajin Batik Banjarnegara Di Ajari Batik Cap

Para pengrajin batik yang ada di Kabupaten Banjarnegara yang sudah tersebar di beberapa daerah seperti di Gumelem Kulon, Gumelem Wetan, Penerusan Wetan, Kecamatan Susukan, serta Kertayasa Kecamatan Mandiraja. Pada akhir bulan Maret tahun 2012 para pengrajin batik mulai di ajari membuat batik dengan menggunakan teknik batik cap yang berlangsung di Balai Penyuluhan Pertanian Klampok.

Kepala Bagian Perekonomian Drs. Indarto, M.Si selaku Sekretaris Dekranasda Kabupaten Banjarnegara mengatakan, pelatihan yang dibiayai dari dana APBD II diikuti oleh 10 orang pengrajin batik yang berasal dari 5 kelompok. Pada pelatihan yang berlangsung  selama 5 hari, dimaksudkan untuk dapat menambah wawasan kepada para pengrajin batik di Kabupaten Banjarnegara, sehingga mereka bisa memehami baik secara teori maupun praktek. Setelah mengikuti pelatihan para peserta diharapkan bisa menularkan ilmunya kepada anggota kelompoknya masing-masing.

Materi pelatihan meliputi teknik pembuatan design batik cap, teknik pengecapan, proses pewarnaan dan finishing. Adapun metode pelatihan meliputi 20 persen teori dan 80 persen praktek, dengan tenaga instruktur praktisi batik Hanom Widodo, ST dari Jlamprang, Kabupaten Pekalongan. Dengan diadakan pelatihan ini maka para pengrajin bisa berinovasi dalam pembuatan batik dan menambah lebih banyak lagi batik yang tidak hanya dibuat dengan menggunakan teknik batik tulis tetapi bisa dengan menggunakan teknik pembuatan batik cap.

Source http://sikidang.blogspot.co.id/ http://sikidang.blogspot.co.id/2012/04/pengrajin-batik-banjarnegara-di-ajari.html
Comments
Loading...