Pengolahan Malam Sisa Lorodan

0 193

Pengolahan Malam Sisa Lorodan

Perlu diperhatikan saat proses pelorodan dalam membuat batik adalah bahan yang digunakan untuk membantu dalam proses pelorodan dalam hal ini adalah : Kanji, Soda Ash dan Watterglass.

  • Kanji

Hasil dari malam sisa lorod terpaksa harus membuang sebagian malam karena sifatnya lengket dan mudah rekat dalam malam sisa.

  • Soda Ash

Meskipun tidak bercampur langsung (homogen dengan malam) tetapi laju endapan rendah sehingga kita harus memotong malam bagian bawak(yang lebih kotor) lebih banyak.

  • Watterglass

Malam yang bercampur dengan watterglass lebih mudah resep ulang daripada yang bercampur Kanji dan Soda Ash. Dan tidak bisa bercampur dengan malam sisa.

Cara memisahkan sederhana, panaskan malam sisa sampai mendidih awal. Dinginkan. Sampah dan air akan terpisah dibawah. Potong bagian bawah  yang paling kotor, jangan buang tapi kumpulkan lagi dengan malam sisa yang selanjutnya. Setelah itu tambahkan resep baku.

Sebaiknya pahami sisaf malam, sehingga resep kita bisa disesuaikan dengan kondisi bahan malam sisa dan hasil yang dinginkan.

  1. Malam kurang Lekat: Kurang Gandarukem
  2. Malam kurang Tembus: Kurang Minyak (bisa minyak goreng. Kendal/Lemak)
  3. Malam kurang Keras/gampang mbleber (Mblodrok) : Kurang Getah Damar (Mata Kucing)
  4. Malam kurang Lentur/ mudah pecah : kurang Mikro Wax
  5. Kualitas bahan keseluruhan Kurang Bagus: perlu  Malam Madu (Murni)
  6. Ingin buat Pecahan : tambah Lilin Parafin.
Source https://purudhita.blogspot.co.id/search/label/Sejarah https://purudhita.blogspot.co.id/2017/01/
Comments
Loading...