Penghuni Rusun Pulogebang Belajar Membatik

0 8

Penghuni Rusun Pulogebang Belajar Membatik

Warga Rusun Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, akhirnya bisa tersenyum lebar. Pasalnya, mereka dilatih membatik dan diharapkan meningkatkan kemampuan dan memberikan pemasukan bagi warga.

Kepala Unit Pengelola (UP) Rusun Pulogebang, Ageng Darmintono mengatakan, pelatihan membatik ini diberikan oleh Dekranasda DKI Jakarta. Di rusun Pulogebang sendiri, ada 30 warga yang ikut dalam pelatihan tersebut. “Dengan pelatihan yang diberikan ini, diharapkan bisa menambah keterampilan dan pendapatannya,” katanya.

Menurutnya, dengan melibatkan Dekranasda DKI, diharapkan program tersebut terus berjalan. Pasalnya, beberapa waktu lalu, warga rusun juga mendapat pelatihan dari pembatik lokal namun gulung tikar. “Mudah-mudahan dengan bantuan ini akan terus berjalan panjang karena nantinya akan dibantu untuk mendistribusikannya. “Karena kalau ini sukses kan menambah pemasukan warga rusun,” tambah Ageng.

Dikatakan Ageng, dalam pelatihan itu warga nantinya bisa belajar membatik mulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB, pada setiap hari Senin. Empat instruktur dari Dekranasda disiapkan untuk melatih warga rusun untuk membatik. “Tidak menutup kemungkinan jika hasil kerajinan tangan warga bagus dan layak, maka akan dibantu promosinya,” tuturnya.

Sementara itu, Nurhasanah, 45, warga rusun Pulogebang, mengaku senang dengan adanya pelatihan membatik ini. Setidaknya ia bersama rekan-rekannya kini memiliki keterampilan untuk mengisi waktu luangnya. “Dari pada di rumah cuma bengong lebih baik ikut pelatihan ini, kan lumayan,” ujarnya.

Ditambahkan Nurhasanah, melalui pelatihan batik itu pastinya nanti akan bisa mengisi kekosongannya. Terlebih nantinya akan menambah keterampilan dan menambah pengetahuannya. “Syukur-syukur nanti hasil batik kita banyak yang beli, kan lumayan buat tambahan uang belanja,” tukasnya.

Source http://poskotanews.com http://poskotanews.com/2017/04/20/penghuni-rusun-pulogebang-belajar-membantik/
Comments
Loading...