Pengetahuan Motif Batik

0 218

Pengetahuan Motif Batik

Batik yang telah berkembang dengan sangat baik dan juga pesat dalam hal motif batik. Motif batik yang ada pada masa tempo dulu sudah memiliki banyak jenis motif yang beberapa diantaranya memiliki nama Motif Batik Adu Manis, Angin-Angin, Barong, Bandji, Gambir, Kawung, Limaran, Sidomukti, Sidoluhur, Truntum, Parang, Rengganis, Sogan, dan berbagai macam motif lainnya. Jika dihitung maka terdapat motif batik dengan jumlah seribu delapan ratus tiga puluh dua motif batik yang memiliki perbedaan dengan motif batik yang berasal dari zaman dulu.

Data mengenai jumlah motif batik ini dapat dijumpai dalam buku yang memiliki judul “De Batikkunst”. Buku ini merupakan karangan J.E. Jasper En Mas Pirngadie yang diterbitkan pada tahun 1916. Selain itu ada juga buku lain yang terbit pada tahun 1914 yang juga disertai dengan beberapa jenis motif batik yang menjadi koleksi Batik Tjokrosuharto. Dalam motif batik yang ada pada masa zaman dahulu telah banyak yang saat ini sudah jarang di jumpai karena sudah jarang dibuat, tetapi dalam perkembangan dan perjalanan batik sampai saat ini juga telah muncul beragam bentuk motif batik baru yang diciptakan oleh para seniman batik yang ada di zaman ini.

Selain untuk mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana batik pertama kali muncul di tanah Jawa ini perlu diketahui bahwa perkembangan batik sangat memiliki hubungan yang kuat dan erat dengan kerajaan yang ada di tanah Jawa dan juga perkembangan kerajaan-kerajaan tersebut. Batik sebagai suatu warisan tradisi yang berasal dari nenek moyang bangsa Indonesia perlu diketahui bagai mana pengertiannya yang sesungguhnya dan juga bagaimana pembuatan nya yang perlu dilakukan secara baik dan benar, karena batik sebenarnya merupakan sebuah proses.

Source http://caritabatik.webs.com/ http://caritabatik.webs.com/apps/blog/show/42907522-pengetahuan-motif-baju-batik http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...