Pengertian Simbol Dalam Batik

0 209

Pengertian Simbol Dalam Batik

Kata simbol atau simbolis berasal dari bahasa Yunani Symbolos yang berarti tanda atau ciri yang memberitahukan sesuatu hal kepada seseorang. Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, simbol atau lambang, simbolisme adalah perihal pemakaian simbol (lambang) untuk mengekspresikan ide-ide (misal sastra, seni). Simbol bisa berarti tanda atau lambang, tanda menyatakan sesuatu hal kepada orang yang melihat atau mendengar. Tegasnya tanda yang jika dilihatkan kepada seseorang menyebabkan terbayangnya sesuatu hal tertentu dalam kesadaran orang tersebut.

Sebenarnya dua definisi di atas masih dikacaukan oleh adanya dua pengertian kata, yaitu tanda (sign) dan lambang (simbol) yang secara prinsipil memang perlu dibedakan. Karena tanda hakekatnya merangsang subyek, si penangkap tanda untuk bertindak sesuatu, sebab simbol hanyalah menunjukkan kepada konsep. Simbol dapat diartikan sama dengan lambang, disini lambang diartikan sebagai tanda pengenal yang tetap (menyatakan sifat, keadaan dan sebagainya): Misalnya warna putih adalah kesucian; gambar padi sebagi kemakmuran. Ada lagi yang mengartikan lambang sebagai isyarat, tanda, alamat, bendera lambang kemerdekaan, bunga lambang percintaan, cincin lambang pertunangan atau perkawinan.

Simbol melengkapi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek kebudayaan antara lain tingkah laku dan pengetahuan. Seni kerajinan batik sebagai hasil karya seni manusia memiliki unsur-unsur yang mencerminkan simbol-simbol tertentu. Adapun simbol tersebut tercermin dalam nama motif batik, peranan dan pemakaian kain batik.

Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...