Pengertian Seni Batik Menurut Para Ahli

0 267

Pengertian Seni Batik Menurut Para Ahli

Seni Batik merupakan sebuah teknik menggambar yang dilakukan diatas kain dan memanfaatkan lilin dan canting sebagai bahan dan alat untuk membuatnya. Menurut para ahli dan pakar kesenian, pengertian batik sangatlah beragam, banyak pendapat yang menjelaskan teori batik ini. Berikut pengertian seni batik menurut para ahli di bawah ini :

  1. Nusjirwan Tirtaamidjaja

Seni Batik merupakan teknik menghias kain atau tekstil dengan menggunakan lilin dalam proses pencelupan warna, yang semua proses tersebut menggunakan tangan.

  1. Santosa Doellah

Batik adalah sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan terutama juga digunakan dalam matra tradisional, memiliki beragam corak hias dan pola tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintag warna. Oleh karena itu suatu kain dapat disebut batik apabila mengandung dua unsur pokok, yaitu jika memiliki teknik celup rintang yang menggunakan lilin sebagai perintang warna dan pola yang beragam hias khas batik.

  1. Afif Syakur

Batik adalah serentang warna yang meliputi proses pemalaman (lilin), pencelupan (pewarnaan) dan pelorotan (pemanasan), hingga menghasilkan motif yang halus yang semuanya ini memerlukan ketelitian yang tinggi.

Dari 3 pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa seni batik adalah :

  • Seni Batik merupakan sebuah teknik untuk menghias kain dengan beberapa proses yang dilakukan
  • Proses dalam membatik terdiri dari proses penulisan menggunakan lilin, pencelupan menggunaka pewarna kain dan pemanasan untuk membersihkan proses pewarnaan yang belum sempurna.
  • Proses penulisan batik biasanya menggunakan canting dan lilin yang dilakukan manual oleh tangan.
  • Seni Batik identik dengan motif yang beragam dan kaya.
Source Pengertian Seni Batik Menurut Para Ahli Batik
Comments
Loading...