Pengertian Motif Batik

0 1.334

Pengertian Motif Batik

Motif merupakan suatu ornamen dalam batik, maka motif batik adalah gambar pada batik yang berupa perpaduan dalam batik yang berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan bentuk yang membentuk satu unit keindahan.

Terkait dengan hal tersebut menurut Murtihardi (1979: 71), unsur-unsur ornamen motif batik dapat digolongkan menjadi tiga bagian pokok, yaitu :

  1. ornamen motif pokok atau utama
  2. pelengkap atau isian motif
  3. isen-isen motif

Penerapan motif sebagai ornamen pokok merupakan suatu corak dari batik sebagai pengisi bidang utama dan diseling dengan ornamen tambahan. Pada umumnya ornamen utama ini mempunyai arti dan mengandung kejiwaan dari batik. Sedangkan ornamen tambahan merupakan pengisi bidang sehingga ada keluwesan antara ornamen pokok dan pengisi bidang utama yang harmonis. Di Indonesia motif banyak sekali. Hal ini disebabkan banyaknya daerah yang menghasilkan batik dan macamnya yang banyak pula, sehingga bentuk motif batik itu walaupun menunjukkan persamaan tetapi cara penggubahan, penempatan dan susunannya berbeda.

 Disamping itu perbedaan motif ini masih ada perbedaan aturan pemakaian dari tiap-tiap motif pada batik membagi motif batik menjadi 3 (tiga) bentuk, yaitu :

  1. Stilisasi, yaitu : penggayaan, mengadakan perubahan bentuk yang lebih bergaya dengan tidak meninggalkan ciri-ciri asalnya.
  2. Distorsi, yaitu : mengadakan perubahan bentuk dengan maksud menonjolkan sebagian unsur yang terkandung dalam suatu obyek (menonjolkan karakter, seperti pada wayang kulit)
  3. Dekoratif, yaitu : menyederhanakan bentuk, (tidak memperhatikan atau memperhitungkan perspektif maupun 3 dimensi, cenderung ke arah hiasan.
Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...