Pengertian Batik Menurut Tulus Warsito

0 52

Pengertian Batik Menurut Tulus Warsito

Tulus Warsito dikenal banyak orang sebagai pelukis batik yang mengungkapkan setidaknya ada dua pengertian tentang batik.

Pertama, batik merupakan teknik tutup-celup (resist technique) dalam pembentukan gambar kain, menggunakan lilin sebagai perintang dan zat pewarna bersuhu dingin sebagai bahan pewarna desain pada katun.

Kedua, batik adalah sekumpulan desain yang sering digunakan dalam pembatikan pada pengertian pertama tadi, yang kemudian berkembang menjadi ciri khas desain tersendiri walaupun desain tersebut tidak lagi dibuat di atas katun dan tidak lagi menggunakan lilin.

Istilah “batik” bisa saja berarti satu desain tradisional bernama kawung, tetapi bukan dibuat pada kainkatun melainkan teknik cetak digital pada kertas kado misalnya. Secara lebih sederhana, bisa menyebut bahwa batik bisa diartikan sebagai : teknik (pembuatan desain pada kain), dan yang berikutnya adalah sebagai desain itu sendiri. Sebagai teknik, batik memerlukan media kain katun alam, lilin, atau media lain sebagai perintang atau penghalang warna, dan zat pewarna. Sebagai desain, di Indonesia, terutama Jawa, batik adalah merupakan motif-motif tradisional tertentu yang dipergunakan pada hiasan kain.

Source https://www.fatinia.com/ https://www.fatinia.com/pengertian-batik/
Comments
Loading...