Pengembangan Motif Batik Bondowoso

0 450

Pengembangan Motif Batik Bondowoso

Berevolusi lewat adukan budaya Jawa, dan Madura, Batik Bondowoso didorong untuk mencerminkan karakter dinamis, egaliter, semi pragmatis, sekaligus ungkapan keinginan untuk eksis dan tampil berkarakter mengeksplorasi bentang alamnya yang indah. Motif tersebut biasanya dibuat atas dasar bentuk-bentuk alam seperti tumbuhan, manusia, hewan, benda mati (misalnya, tumbuhan, pegunungan, panorama alam, dan bangunan) dan sebagainya. Selain itu, para desainer dan calon desainer peserta pelatihan mendesain motif diajari bisa menjelaskan atau mengungkapkan pengalamannya atau pengalaman estetik desainer dan calon desainer. Eksplorasi motif dapat diambil dari berbagai sumber referensial, yaitu:

  • Tanaman, hewan, manusia, gunung, air, awan, matahari, bulan, bintang, dan sebagainya;
  • Simbol atau dewa, atribut atau mereka yang berkuasa dalam bentuk senjata, takhta, pengaturan huruf, dan sebagainya;
  • Bentuk bentuk imajiner manusia; dan
  • Bentuk-bentuk geometris seperti lingkaran, segitiga, kotak, dan sebagainya.

Kesukaan warna menjadi refleksi dari unsur budaya lokal Bondowoso yang sangat menjunjung tinggi harga diri, dan memunculkan ketegasan watak, dijadian ancangan dalam pengembangan desain Motif Batiknya dalam pelatihan ini. Tegas diartikan mengandung makna perilaku memegang prinsip yang diyakini sehingga tidak terombang-ambing.

Dalam pemilihan warna, misalnya hampir selalu warna yang bernuansa tegas, karena masyarakat Bondowoso (Jawa dan Madura : Jawara) hanya mengenal rasa manis dan asin, bahkan ketika membangun rumah, posisinya harus mengarah pada arah mata angin utama. Meskipun bersetia pada tradisi batik tulis, tak ada motif baku di antara para perancang dan pembatik (Batik Tulis Sumbersari dan Batik Tulis Maesan) di Bondowoso. Oleh karena itu selain Motif Klasik yang sesekali masih dikukuhi, setiap pembatik didorong untuk rajin mengeluarkan ekspresi desain sendiri, danditargetkan setiap kurun tiga-enam bulan.

Source Pengembangan Motif Batik Bondowoso Batik
Comments
Loading...