Pengembangan Industri Batik Tradisional di Laweyan

0 162

Pengembangan Industri Batik Tradisional di Laweyan

Batik merupakan salah satu warisan yang berasal dari nenek moyang yang telah berkembang sejalan dengan proses waktu, ada kalanya industrinya mengalami pasang surut. Untuk itu dilakukan usaha-usaha dalam mengembangkan dan melestarikannya agar tidak begitu saja tertelan budaya bangsa lain.

Dalam usaha-usaha pengembangan batik Laweyan tidak terlepas dari usaha yang dilakukan oleh pemerintah, pengusaha dan pengrajin sendiri. Dukungan terhadap pengembangan Batik Laweyan, antara lain :

  • Pemerintah berusaha membina pengrajin agar mampu menjadi pengrajin mandiri, sehingga tidak tergantung lagi pada pengusaha-pengusaha Cina.
  • Bagi para pengusaha diberikan dispensasi dalam peminjaman modal di bank berupa KIK ( Kredit Investasi Kecil ). Mereka diberi kemudahankemudahan peminjaman.
  • Para pengusaha batik berusaha menciptakan kreasi-kreasi baru dalam motif batik, baik dengan mengambil motif-motif dari daerah lain ataupun dengan melahirkan kreasi sendiri, namun tetap mempertahankan ciri khas Laweyan.
  • Usaha yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan, yaitu berusaha mengenalkan motif-motif kreasi baru yang diambil dari daerah lain dan juga pengenalan terhadap teknologi baru. 
Source http://lib.unnes.ac.id/2380/1/1535.pdf
Comments
Loading...