Pengembangan Batik oleh Orang Belanda

0 186

Pengembangan Batik oleh Orang Belanda

Perkembangan batik pada zaman batavia memiliki pengaruh yang besar dari bangsa Eropa terutama pada penjajahan bangsa Belanda di Indonesia. Batik pada waktu penjajahan itu dipakai oleh kaum wanita pada umunya dan teramat jarang dipakai oleh laki laki Belanda sebagai busana sehari hari mereka. Saat para bangsa Belanda menjajah Indonesia, apabila seorang laki-laki yang memakai batik terdapat pelecehan perilaku yang cukup menyakitkan oleh bangsa Eropa tehadap batik yang dibuat oleh bangsa Indonesia. Jika bangsa Belanda tertatik untuk membeli baju batik, biasanya mereka bertujuan untuk merendahkan martabat kain batik yang dibuat oleh bangsa Indonesia dengan susah payah. Kain batik yang dibeli oleh orang Eropa biasanya akan dipergunakan sebagai kain lap, kain untuk mencuci mobil dan juga sebagai baju tidur.

Perilaku mereka ini dalam cara menggunakan batik adalah penghinaan terhadap batik dan terhadap keberadaan kerajaan Jawa pada waktu penjajahan tersebut. Batik dipergunakan oleh masyarakat Jawa untuk berbagai acara-acara yang penting untuk dihadiri, seperti upacara-upacara yang sakral, dan juga baju batik merupakan pakaian resmi raja-raja Jawa dan juga untuk dipakai dalam berbagai upacara adat keagamaan. Meskipun ada sebagian bangsa Eropa yang melecehkan batik, tetapi tidak semua masyarakat Belanda memiliki perilaku yang melecehkan terhadap batik, sebagian orang Belanda benar-benar melakukan penelitian dan menganggap baju batik dengan cara yang ebih serius.

Beberapa orang Belanda malah menjadi orang yang mengembangkan batik dengan berbagai motif yang sesuai dengan kebudayaan mereka dan juga menggunakan warna warna yang disukai oleh bangsa eropa seperti menggunakan warna biru. Motif yang mereka ciptakan beberapa menggunakan motif yang berasal dari cerita dongeng-dongeng yang terkenal di Eropa, seperti cerita si topi merah. Penggunaan motif sesuai dengan kebudayaan yang mereka bawa dari negara asal mereka dan juga berbagai macam jenis motif lain yang mendapat pengaruhi oleh kebudayaan bangsa Eropa. Selain bergerak dalam memproduksi batik, mereka juga telah melakukan pengiriman dan penjualan batik dengan berbagai motif dan dikirimkan untuk kerabat mereka yang tinggal di Eropa.

Source Pengembangan Batik oleh Orang Belanda Batik
Comments
Loading...