Pengaruh Motif Batik Daerah Lain Terhadap Motif Batik Batang

0 154

Pengaruh Motif Batik Dari Daerah Lain Terhadap Motif Batik Batang

Keberadaan Motif Batik Batang tidak jauh berbeda dengan batik pada umumnya dari kota-kota yang berbeda. Selanjutnya motif-motif tersebut diperkaya oleh kepentingan yang berkaitan dengan kedaerahan maupun kepentingan historis, filosofis serta reliji yang membutuhkan dan dibalut estetis maka pemakai untuk mencapai tujuan luhaur. Berawal dari Batik Gringsing yang merupakan cikal bakal dari Batang kemudian berkembang sejalan dengan dan terispirasi dari kota-kota lain yang mempunyai sentra batik.

Batik Batang mengenal ragam hias segitiga yang bahasa jawa disebut Tumpal. Sesungguhnya ragam tersebut bermakna sebagai lambang kekuasaan, tumpal segitiga menggambarkan bahwa makin keatas makin kecil dan mengerucut itu berarti bahwa yang paling puncak adalah pemegang kekuasaan tertinggi. Kritik sumber menyebutkan bahwa ragam hias atau Motif Segitiga berasal dari India yang merupakan stirisasi gigi buaya sebagai lambang penolak balak malapetaka. Motif seterusnya yang mempengaruhi Batang adalah Motif Cemplokan , Padmasabha dan Kawung.

Pola pada Batik Pesisiran yang mendapatkan pengaruh dari lingkungan alam seperti terjadi di Rembang untuk Batik Kapal Kandas dan di Lasem untuk Batik Tritis merambah juga ke Batang yang sama-sama masuk kategori pesisiran. Sehingga Batik Batang yang di produksi oleh para saudagar dan bermukim di dekat pesisir seperti desa Karangasem menghasilkan motif batik sangat kental dengan gaya pesisiran, bahkan diperkaya dengan ragam hias lainya seperti perahu pecaling, ombak-ombak laut dan juga gunung-gunung yang dilengkapi dengan hiasan salur rambat. Berkaitan dengan pesisiran yang identik sebagai pelabuhan niaga pedagang, maka batik batang juga tidat lepas dari motif ragam hias batik-batik Cina ialah stilirisasi bentuk-bentuk keramik dan visualisasi lain yang merupakan ikon-ikon budaya Cina.

Source Pengaruh Motif Batik Daerah Lain Terhadap Motif Batik Batang Batik
Comments
Loading...