Pengaruh Kebudayaan Terhadap Batik Cirebon

0 137

Pengaruh Kebudayaan Terhadap Batik Cirebon

Berbagai macam Motif Batik yang ada dapat disebut sebagai wakil dari daerah mereka masing masing. Ciri unik dan khas daerah menjadi nilai seni tersendiri dalam melihat berbagai macam Motif Batik. Salah satunya adalah batik yang berasal dari Cirebon. Kota ini adalah wilayah yang terletak di bagian barat Jawa dan berdasarkan cerita sejarah pada masa dahulu, wilayah Cirebon ini merupakan sebuah pelabuhan yang sangat sering dan ramai didatangi oleh para pedagang baik dari bangsa lokal maupun pedagang yang berasal dari bangsa lain. Salah satu bangsa yang sering datang dan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kebudayaan masyarakat Cirebon adalah bangsa Cina.

Bangsa Cina banyak yang datang berdagang dan ada sebagian besar dari mereka kemudian menetap di daerah Cirebon ini dengan membawa berbagai macam kebudayaan dan juga seni dari negara asal mereka. Dalam sejarah yang cukup terkenal diceritakan bahwa pada waktu itu Sunan Gunung Jati yang dalam misinya untuk mengembangkan dan juga memberikan pelajaran mengenai agama Islam kepada masyarakat kemudian menikahi putri dari negeri Cina yaitu Putri Ong Tie. Pada masa itu putri tersebut membawa berbagai macam benda seni dan juga kebudayaan yang berasal dari negara asalnya. Berbagai benda seni ini menarik minat masyarakat asli Cirebon dan sebagian besar banyak yang dituangkan dalam kesenian yang mereka buat.

Kesenian membuat batik juga mendapatkan pengaruh dari kejadian ini , banyak Motif Batik yang tercipta yang merupakan paduan antara motif dari kebudayaan Cirebon yang digabungkan dengan kebudayaan bangsa Cina. Motif Batik dari Cirebon yang sangat terkenal dari wilayah ini adalah Motif Batik Mega Mendung. Motif Batik ini merupakan motif yang salah satunya mendapatkan pengaruh dari kebudayaan bangsa Cina.

Source Pengaruh Kebudayaan Terhadap Batik Cirebon Batik
Comments
Loading...