Pengaruh Batik Keraton Pada Batik Saudagaran dan Batik Petani

0 176

Pengaruh Batik Keraton Pada Batik Saudagaran dan Batik Petani

Generasi Keraton Surakarta dapat ditelusuri bahwa tidak benar jika dikatakan batik berasal dari Keraton. Bahkan sebaliknya banyak kenyataan menunjukan bahwa batik Keraton sebenarnya berasal dari batik rakyat. Semenjak keluarnya kriya batik dari Keraton Majapahit (Anshori & Kusrianto, “Keeksotikan batik Jawa Timur”) pada abad ke-16, salah satunya berkembang di desa Bakaran, Juwana. Dari sini olah kriya batik berkembang ke arah barat, selatan, dan timur meliputi Tuban, Lasem, Rembang, hingga ke kawasan Kerajaan Demak, kemudian Pajang, lalu Mataram yang tidak lain meliputi wilayah Surakarta.

Hal ini diperkuat oleh pernyataan Go Tik Swan, (salah seorang Hamong Kriya Keraton Sura karta) yang lebih dikenal dengan sebutan KRT. Harjonagoro, “Falsafat batik sebenarnya berakar pada petani, yang dibawa masuk ke keratin, lalu diperbaiki dan diperhalus. Baru kemudian timbul falsafat Batik Keraton yang tidak lagi berpijak pada pertanian.” Prof. Dr. Taufik Abdullah, seorang sejarawan terkemuka mengatakan bahwa Keraton yang telah mengalami krisis kekuasaan polotik dan ekonomi, karena dominasi VOC, dipaksa menjadi kekuatan cultural yang bercorak agraris, yang telah semakin terputus dari dimanika pasar dan telah semakin terputus dari dimanika pasar dan pemikiran keagamaan. “Inilah zaman ketika Jawa mengalami apa yang disebut oleh seorang ilmuwan Belanda sebagai ‘periode Bizantium’, ketika perhatian utama keratin tertuju pada penghalusan kebudayaan, (cultural refinement), bukan lagi pada kegairahan politik dan ekonomi.”

Dengan kejadian semenjak pecahnya Keraton Mataram menjadi dua pada tahun 1875, Sri Susuhunan Paku Buwana III mulai menyusun ulang inventaris pengagem keratin yang berupa batik dengan mencari batik-batik baru. Untuk maksud itu, sebagian besar batik diambil dari batik-batik rakyat untuk diangkat ke Keraton. Tidak semua batik yang berasal dari rakyat untuk diangkat ke Keraton.  

Source http://pabrikbatik.com/ http://pabrikbatik.com/2017/02/16/pengaruh-batik-keraton-batik-saudagaran-dan-batik-petani/
Comments
Loading...