Pengaruh Agama Islam Pada Batik

0 103

Pengaruh Agama Islam Pada Batik

Sengaja atau tidak sengaja ternyata agama mempunyai pengaruh terhadap pola tata laku atau kebudayaan sendiri, untuk melakukan ciri khas hasil seninya. Pada masa Hindu konsepsi spiritual magis diatur oleh kaidah moral kesusilaaan sesuai dengan ajarannya. Hidupnya seni bergelimang dalam garis-garis ritual sebagai sesuatu persembahan kepada Dewa. Munculnya seni tak akan terpisah dengan sistem keagamaan dan agama memberikan pola-pola tertentu mewujudkan bentuk seninya.

Pengaruh Agama Islam terbesit larangan membuat gambar dan patung, seperti yang dikatakan dalam Hadis Buchori “Sesungguhnya orang yang mendapat siksa oleh Allah adalah orang-orang yang membuat gambar” Larangan ini ditujukan pada karya seni yang bermotifkan mahluk hidup, dengan harapan agar tidak ternjadi persekutuan terhadap Allah. Munculnya Islam memberikan kematangan penciptaan bentuk-bentuk ornamentis yang menjadi kaidah dalam penciptaan batik dan seni batik. Motif Parang diubah dengan kombinasi bernagai bentuk lar serta pewarnaan yang modern menjadikan Batik Sinjangan tetap lestari.

Perkembangan daerah Lasem, Bayat, Pekalongan, Wonogiri dan yang lainnya bermuara pada seni batik yang dimasak oleh Islam. Gaya ornamentis pohon beringin, rumah, Motif Manusia Gunungan Mahameru ditebarkan sedemikian rupa pada sinjangan yang bergaya ornamentis jadilah Motif Semen. Namun tidak meninggalkan pola lama yang bersifat Keburbakalaan Seperti Kawung, Hiasan Permadani Digubah Menjadi Motif truntum seperti sekarang ini. Islam memberikan gaya ungkapan ekspresif yang berbeda dengan pola sebelumnya, bentuk-bentuk ornamentis tersebut justru memberikan kesempatan hidup seni ornamen pada ukir kayu, ukir logam, dan batik.

Source Pengaruh Agama Islam Pada Batik Batik
Comments
Loading...