Pengakuan Dunia Terhadap Batik

0 195

Pengakuan Dunia Terhadap Batik

Pada tahun 2009 batik telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai salah satu warisan budaya yang berasal dari negara Indonesia. Dengan adanya pengakuan dunia yang berasal dari salah satu badan dunia yang cukup terkenal yaitu UNESCO ini akan semakin membuat batik menjadi salah satu busana yang paling dicari baik di dalam atau pun di luar negeri. Pengakuan dunia mengenai tradisi dan budaya batik ini membuat pemerintah dan berbagai organisasi yang ada pada akhirnya menetapkan tanggal 2 oktober sebagai hari yang akan disebut dengan nama Hari Batik Nasional.

Pemilihan tanggal ini juga mengandung unsur penetapan batik sebagai tradisi budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia oleh UNESCO. Batik telah mendapatkan pengakuan bahwa busana yang diciptakan dan diwariskan secara turun temurun ini merupakan sebuah kebudayaan yang membawa pengaruh terhadap seluruh kehidupan yang ada dalam masyarakat jawa sejak mereka lahir sehingga kembali kepada sang pencipta.

Batik dengan berbagai macam jenisnya telah menjadi sebuah produk yang melebihi produk tekstil pada umumnya, baju batik adalah produk busana yang telah menjadi ciri khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Penggunaan batik saat ini sudah bukan lagi untuk dipakai oleh kalangan tertentu saja. Pada awal munculnya batik, yang boleh menggunakan busana dengan jenis ini hanyalah dari keluarga kerajaan sehingga batik dapat disebut sebagai busana yang memperlihatkan posisi seseorang dalam suatu masyarakat.

Dengan berjalannya waktu telah terjadi perubahan dalam peraturan menggunakan batik ini. Saat ini semua orang tanpa terkecuali boleh dan sangat dianjurkan untuk menggunakan pakaian dengan Motif Batik, batik itu Batik Tulis, Cap atau pun Printing. Batik adalah kebanggaan busana yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan diharapkan masyarakat Indonesia pada umumnya baik itu tua atau pun muda mau dan bangga dengan memakai batik dalam berbagai acara dan juga kegiatan.

Source Pengakuan Dunia Terhadap Batik Batik
Comments
Loading...